Apa itu VPS (Virtual Private Server) ?

Apa itu vps (Virtual private server)

VPS (Virtual Private Server) merupakan suatu jenis layanan hosting dengan metode virtualisai server yang berjalan pada server fisik. VPS ini membuatkan ruang pribadi untuk hosting dalam bentuk virtual atau tidak nyata. Jenis layanan vps ini membagi server fisik menjadi beberapa virtual server, dan setiap virtual server dapat di install OS tersendiri.

Kelebihan Virtual Private Server ini adalah setiap server virtual yang berjalan tidak akan memengaruhi kinerja dari server virtual lain yang terdapat dalam satu server fisik. VPS juga memberikan privasi data terhadap server virtual lain yang berjalan bersamaan dalam satu server fisik. Perbedaan dengan shared hosting adalah shared hosting akan berbagi tempat dengan data-data dari website lain yang menggunakan shared hosting yang sama sementara VPS akan membuatkan ruang pribadi untuk menyimpan data dan tidak tercampur dengan data-data lain.

Cara kerja dimulai dari server fisik yang diinstall VPS. Server fisik ini berisi data dari website seperti file dan database yang akan di simpan ke dalam VPS. Lalu, browser yang berfungsi untuk menampilkan website akan melakukan request data kepada server vps lalu server vps akan mengirimkan data kepada browser tersebut melalui internet yang kemudian akan ditampikan oleh browser. Jadi dalam proses mengirim data tersebut VPS akan bekerja. VPS ini tidak terpengaruhi oleh VPS-VPS lain yang ada dalam satu server fisik.

Kapan harus menggunakan VPS?

Biasanya untuk masalah hosting orang-orang yang ingin membuat website sederhana akan lebih memilih untuk menggunakan shared hosting dari pada VPS Hosting. Akan tetapi jika ingin membangun suatu website eCommerce, tentunya untuk proses transaksi pembayaran agar lebih aman, nyaman dan cepat maka diperlukan untuk beralih menuju virtual private server hosting. Bahkan, untuk menyimpan data-data sensitif seperti password dan proses pembayaran online, Virtual Private Server dapat mengurangi resiko kebocoran data dan meningkatkan keamanan dari data-data tersebut. Selain untuk eCommerce VPS dapat digunakan juga pada website untuk penjualan tiket, server game dan website-website lain yang membutuhkan resource besar.

Kelebihan dari VPS

  1. Lebih cepat dari pada server shared hosting.
  2. Resource server terjamin karena VPS memiliki ruang tersendiri di dalam server fisikdan tidak terpengaruh oleh VPS-VPS lainnya.
  3. Memiliki akses superuser (root) pada server.
  4. Masalah server VPS lain tidak akan terpengaruh pada Server VPS sendiri.
  5. Privasi data seperti file dan database akan lebih terjamin karena user server lain tidak dapat mengaksesnya.

Kekurangan dari VPS

  1. Lebih mahal dari shared hosting.
  2. Butuh pemahaman server VPS agar dapat mengelola server dengan baik.
  3. Pengaturan server akan berdampak pada tingkat keamanan server VPS.