Sebagai administrator jaringan jika Anda mengetahui dengan pasti Bandwith dan Throughput itu adalah yang berguna karena bisa mengukur kualitas jaringan Anda. Pada dasarnya Throughput memberi tahu Anda berapa banyak data yang ditransfer dari sumber pada waktu tertentu (real time) dan bandwidth memberi tahu Anda berapa banyak data yang secara teoritis dapat ditransfer dari sumber pada waktu tertentu.

Jadi seberapa penting Bandwith dan Throughput dalam jaringan ?

Jawabannya adalah, penting. Terutama untuk menguur kecepatan. Sebuah alat pengukuran wajib pada kualitas jaringan internet. Semakin besar Throughput dan Bandwith bisa dipastikan semakin bagus pula kualitas jaringan tersebut.

Advertisements

Secar teknis, bandwith menggambarkan seberapa besar data yang dapat Anda peroleh dari titik A ke titik B dalam waktu tertentu. Umumnya menggnakan satuan Kbps (Kilobit per second) atau Mbps (Megabit per second). Sementara troughput lebih ke perhitungan real, bukan hanya teoritis. Jadi faktor-faktor seperti latensi, jitter, dan gangguan transmisi lainnya membedakan angka thourghput dengan bandwith.

Jadi bagaimana mengoptimalkan througput? yang jelas ada beberapa cara. Pertama dengan memaksimalkan pengaturan pada QoS, kedua memastikan perangkat yang digunakan bisa menampung bandwith, jangan sampai bandwidth cukup besar tetap tidak dibarengi dengan kualitas perangkat yang ada, dan yang terakhir yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan menyingkirkan gangguan frekuensi dan semacamnya.
%d bloggers like this: