Bahasa Pemrograman Yang Sedang Populer di Masa Sekarang

Bahasa Pemrograman Yang Sedang Populer di Masa Sekarang

Bahasa pemrograman merupakan untaian kata-kata berupa instruksi atau perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Di zaman sekarang telah banyak terlahir bahasa bahasa pemrograman terbaru yang tidak kalah saing dengan bahasa pemrograman lama, tetapi bahasa pemrograman yang lama pun selalu mengalami perkembangan.

 

Berikut ini daftar bahasa pemrograman terpopuler :

  1. Python

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif. Python juga didukung oleh komunitas yang besar.

Python ini memiliki script lebih ringkas dari pada bahasa pemrograman lainnya. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi. Bahasa pemrograman python saat ini sedang populer dan banyak digunakan oleh para programmer untuk membuat aplikasi desktop dan lain-lain.

 

2. Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk di android. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek oriented programming (OOP) yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal.

Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, “Tulis sekali, jalankan di mana pun”. Bahasa pemrograman java ini biasa digunakan untuk mengembangkan aplikasi android. Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi.

 

3. PHP

PHP (Hypertext Pre-processor) merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk pemrograman web. Selain karena gratis, PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Selain itu banyak website-website ternama seperti Facebook, WordPress, ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya. Selain itu PHP memiliki banyak framework yang memudahkan proses pengkodingan suatu program. PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf.

 

4. C#

C# atau C Sharp adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari C dan C++. C# ini banyak digunakan untuk mengembangkan software yang menggunakan platform Windows. C Sharp biasa digunakan untuk membuat aplikasi desktop CLI maupun GUI.

 

5. Kotlin

Advertisements

Kotlin adalah sebuah bahasa pemrograman dengan pengetikan statis yang berjalan pada Mesin Virtual Java ataupun menggunakan kompiler LLVM yang dapat pula dikompilasikan kedalam bentuk kode sumber JavaScript. Pengembang utamanya berasal dari tim programer dari JetBrains yang bermarkas di Rusia. Meskipun sintaksisnya tidak kompatibel dengan bahasa Java, Kotlin didesain untuk dapat bekerja sama dengan kode bahasa Java dan bergantung kepada kode bahasa Java dari class library Java yang ada, seperti berbagai framework Java yang ada. Tim Pengembang memutuskan menamakannya Kotlin dengan mengambil nama dari sebuah pulau di Rusia, sebagaimana Java yang mengambil nama dari pulau Jawa di Indonesia. Setelah Google mengumumkan bahwa Kotlin menjadi bahasa kelas satu bagi Android, maka bersama Java dan C++, Kotlin menjadi bahasa resmi untuk pengembangan aplikasi-aplikasi Android.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.