Press "Enter" to skip to content

Belajar Tipe Data dalam Pemograman

Last updated on 03/02/2019

Pengertian Tipe Data

Tipe data adalah jenis data yang diolah computer untuk memenuhi kebutuhan pemograman Komputer. Suatu tipe data dapat ditemui dalam dunia pemograman computer. Dalam tahap pembuatan sebuah program haruslah menentukan terlebih dahulu tipe data yang digunakan. Contoh tipe data yang digunakan oleh programmer adalah integer, Real, Double, Char, String dll. Setelah menemukan tipe data, programmer akan langsung mendeklarasikan diawal tahapnya dimana untuk memberi batasan control atau kategori khusus pada data yang akan digunakan oleh program.

Jenis – jenis Tipe Data

  1. Tipe data primitive

Tipe data primitive adalah tipe data dasar yang tersedia secara langsung (default) pada suatu bahasa pemograman. Tipe data ini banyak digunakan oleh kebanyakan para programmer. Contohnya : Boolean. Integer, Char, String, Float dll.

  1. Tipe data non primitive

Tipe data yang secara default tidak terdefinisi oleh suatu bahasa pemograman dan didefinisikan sendiri oleh programmer. Contoh : Array, Record, Image, Data Time, Subrange dll.

 Jenis – jenis tipe data yang paling umum

  1. Integer

Jenis tipe data yang didefinisikan sebagai bilangan bulat dan digunakan jika menyimpan informasi angka (bilangan bulat) dalam variable, tetapi bukan pecahan.

Contohnya:

nilai = 7  bukan nilai = 6,5 (salah)

  1. String

Jenis tipe data dasar yang terdiri dari kumpulan karakter dengan panjang tertentu. Tipe data ini menyimpan informasi untaian karakter kata atau kalimat. Penulisan karakter string dalam bahasa pemograman diawali dan diakhiri dengan kutip ganda serta mengenal penulisan “null” untuk karakter yang kosong.

  1. Float

Jenis tipe data ini adalah data bilangan real yang mengenal karakter pecahan atau decimal. Tipe data ini menyimpan informasi angka decimal dan pecahan.

  1. Boolean

Jenis tipe data ini digunakan hanya untuk mempresentasikan dua kondisi yaitu TRUE dan FALSE yang memiliki nilai 1 dan 0 atau juga kondisi ON dan OFF. Tipe data Boolean banyak digunakan dalam percabangan kode program, serta memutuskan apa yang mesti dijalankan dalam sebuah kondisi.

Advertisements
  1. Array

Jenis tipe data yang biasa disebut dengan larik. Tipe data ini merupakan kumpulan sejumlah variable bertipe sama dengan ukuran tertentu yang disusun secara runtut

Comments are closed.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d bloggers like this: