Press "Enter" to skip to content

Blocking Site dan Extensi di Mikrotik Menggunakan Web Proxy

Last updated on 29/04/2019

Proxy sering dikatakan sebuah media keamanan bagi akses jaringan internet kita.  Proxy memiliki fitur seperti  SSL Proxy, Web Proxy, Intercepting Proxy, Reverse Proxy, dll. Pada kali ini saya akan membahas mengenai proxy di mikrotik yaitu web proxy. Contoh kasus : misalnya kita akan memblokir akses internet dari client ke www.linux.or.id. Maka konfigurasi seperti berikut:

  1. Buka IP-> Web Proxy, kemudian check enable. Lalu buka Tab access di bar sebelah kanan.2. Setelah membuka tab Access, isikan Dst. Host = *linux.or.id*. Lalu pilih Action = deny dan applay lalu Ok.

3. Kemudian untuk blocking extensi maka klik (+) kemudian isikan di path = *.mp3* lalu pilih action = deny. Applay dan ok.

3. Lalu sekarang konfigurasi di Ip – Firewall. Klik tab NAT setelah terbuka, isikan seperti dibawah ini. Dan kemudian pilih action redirect to 8080.

Pengujian :

  1. Buka browser lalu isikan alamat linux.or.id di address. Maka tampilanya akan seperti ini.

2. Buka browser lalu download file yang memiliki extensi .mp3, maka tampilanya akan seperti ini.

Advertisements

Throbleshooting :

  1. Jika saat menguji linux.or.id masih lolos maka hapus terlebih dahulu cache di browser atau menggunakan incognito browser dan ganti browser.
  2. Jika masih lolos perlu di ingatkan kembali, jika proxy hanya berlaku untuk memblokir http dan tidak berlaku untuk https.
  3. Jika extensi tidak terblokir dan tetap download maka carilah .mp3 disitus yang di http.

Comments are closed.

Mission News Theme by Compete Themes.

Pin It on Pinterest