Pada dasarnya fitur sleep yang ada di Windows bertujuan untuk mengurangi konsumsi energi. Fitur ini bekerja dengan mematikan otomatis komputer atau laptop apabila tidak terdapat aktifitas apapun dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Secara default fitur ini telah diaktifkan dan memiliki pengaturan jangka waktu untuk sleep. Berikut ini adalah cara untuk mematikan atau mengatur waktu sleep dari komputer maupun laptop.

 

Langkah-Langkah

1. Langkah pertama adalah membuka menu Run dengan cara menekan tombol Windows+R pada keyboard. Setelah menu Run terbuka ketikkan kata control panel kemudian OK untuk membuka Control Panel.

 

2. Kemudian menu control panel akan terbuka dan menampilkan banyak pilihan menu lainnya. Pilih menu System and Security untuk mengubah konfigurasi sistem dari Windows.

 

3. Setelah muncul menu System and Security klik pada Change when computer sleeps untuk mengatur waktu sleep dari komputer maupun laptop.

 

4. Terdapat dua pilihan kategori yaitu saat baterai tidak tercharge dan saat baterai tercharge. Lalu akan terdapat tiga pilihan konfigurasi yaitu Turn off the display untuk mengatur layar mati, Put the computer to sleep untuk mengatur waktu sleep komputer, dan Adjust Screen Brightness untuk mengatur kecerahan layar. Jika konfigurasi sudah kalian sesuaikan, klik Save changes untuk menerapkan perubahan.

Advertisements

 

Semoga Bermanfaat

%d bloggers like this: