Press "Enter" to skip to content

Cara Mengganti Password User Pada Linux

Dalam menggunakan sistem operasi linux, kita memerlukan keamanan yang bagus, selain dari linux sendiri yang memiliki sistem kemanan yang kuat di bandingkan sistem operasi lainya, seperti windows, mac os, dan lainya. Pengguna linux juga harus mengganti passwordnya secara berkala untuk kemanan PC, agar tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan. Berikut ini adalah cara untuk mengganti password user agar sistem operasi linux tetap aman.

 

Mengubah Password dari User Root

1. Pertama buka linux dan login sebagai user root.

 

2. Kemudian ubah password dari user root dengan perintah # passwd root. Setelah itu masukkan password baru untuk user root sesuai yang diinginkan, lalu masukkan password baru tersebut kembali untuk menyelesaikan proses perubahan password. Kemudian akan muncul tulisan password updated successfully yang menandakan perubahan password telah berhasil.

# passwd root

 

Mengubah Password dari User biasa

1. Pertama buka linux dan login sebagai user root.

 

2. Pilih user yang ingin diganti password, kemudian ubah password dari user tersebut dengan perintah # passwd namauser. Setelah itu masukkan password baru untuk user tersebut sesuai yang diinginkan, lalu masukkan password baru tersebut kembali untuk menyelesaikan proses perubahan password. Kemudian akan muncul tulisan password updated successfully yang menandakan perubahan password telah berhasil.

Advertisements

# passwd namauser

 

Semoga Bermanfaat

Comments are closed.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d bloggers like this: