Cara Menginstall dan Mengkonfigurasi Cacti di Linux

Cara Menginstall dan Mengkonfigurasi Cacti di Linux

Cacti adalah salah satu software yang digunakan untuk keperluan monitoring yang banyak digunakan saat ini. Cacti menyimpan semua data / informasi yang diperlukan untuk membuat grafik dan mengumpulkannya dengan database MySQL. Software yang diperlukan Cacti adalah Apache2, MySql, PHP, dan Juga SNMP.

Topologi

Cara Install dan Konfigurasi dari Cacti

1. Pertama ubah IP Address dari Cacti Server yaitu linux seperti topologi dan juga ubah IP Address dari laptop atau pc client seperti topologi. Ubah juga repository linux menjadi repository internet, jika belum bisa lihat tutorial disini Cara Mengganti Repository Internet di Linux.

 

2. Setelah itu install software Cacti dengan perintah apt-get install cacti. Jika paket paket sebelumnya belum terinstall maka dalam proses menginstall Cacti ini, paket paket tersebut akan diinstall secara otomatis.

# apt-get install cacti

 

3. Setelah itu akan muncul menu untuk mengkonfigurasi password root dari MySql. Jika dibiarkan kosong maka password root dari MySql akan diabaikan dan password root MySql tidak akan berubah. Disini saya akan membiarkan kosong.

 

4. Kemudian muncul menu untuk memasukkan kembali password root MySql, jika di menu sebelumnya dikosongi maka biarkan juga menu ini kosong.

 

5. Akan muncul menu yang memberitahukan bahwa direktori libphp-adobd telah berubah, cukup klik Ok.

 

6. Setelah itu akan muncul menu untuk memilih web server yang akan digunakan oleh cacti, pilih apache2.

 

7. Muncul menu untuk mengkonfigurasi cacti dengan dbconfig-common, klik yes.

 

8. Kemudian akan muncul menu yang membutuhkan password root agar konfigurasi cacti berjalan normal. Isi menu ini dengan password root.

 

9. Kemudian masukkan password MySql untuk Cacti, disini saya memasukkan password root untuk memudahkan mengingat password.

 

10. Kemudian ulangi lagi memasukkan password tersebut.

 

11. Lalu lanjutkan proses menginstall cacti pada laptop atau pc client dengan cara membuka browser, kemudian masukkan Ip Address dari Server yang terinstall Cacti. Sebagai contoh http://192.168.1.1/cacti. Kemudian akan muncul menu penginstallan cacti, pilih next.

http://ipaddress/cacti

 

12. Pilih new install untuk penginstallan baru cacti kemudian klik next.

 

13. Setelah itu muncul tampilan menu yang berisi pengecekan direktori dari paket-paket yang diperlukan oleh Cacti agar dapat berjalan normal. Jika semua paket sudah terinstall maka semua paket akan terdapat tulisan [FOUND] berwarna hijau, jika belum maka perlu dilakukan  penginstallan paket-paket yang kurang. Jika paket sudah lengkap maka klik finish.

 

14. Kemudian akan muncul halaman login, isi username dengan admin dan password dengan admin.

 

15. Cacti akan melakukan force password change untuk mengganti username dan password baru untuk Cacti sesuai dengan username dan password yang dimasukkan pada langkah sebelumnya.

 

16. Setelah selesai maka akan muncul menu utama dari Cacti. Pilih new graphs untuk membuat graph monitoring server Cacti.

 

17. Kemudian klik saja tombol create.

 

18. Maka graph monitoring untuk server Cacti akan terbuat. Tunggu beberapa menit agar graph cacti dapat berjalan normal.

Advertisements

 

Semoga Bermanfaat

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.