Press "Enter" to skip to content

Download 10 Software Monitoring untuk Sysadmin Terbaik

Last updated on 17/10/2019

Monitoring jaringan komputer adalah proses pengumpulan dan analisis terhadapat data lalu lintas jaringan dengan tujuan memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki jaringan komputer. Monitoring jaringan memiliki fungsi dapat membantu admin jaringan dalam mendesain ulang jaringan yang sudah ada. Salah satu hal yang bisa di monitoring dalam jaringan seperti load traffic jaringan yang lewat pada router atau interfaces komputer. Bukan hanya load traffic jaringan saja yang bisa di monitoring, tetapi kondisi jaringan pun harus juga di monitoring, semisal status up atau down dari sebuah peralatan jaringan yang dapat dilakukan dengan cara utilitis ping.

Dalam memonitoring jaringan, tentunya sysadmin membutuhkan sebuah tool untuk memonitoring jaringan. Tools yang digunakan oleh para sysadmin dalam memonitoring jaringan adalah sebuah aplikasi yang khusus di ciptakan untuk membantu para admin jaringan dalam memudahkan pekerjaan untuk mengurusi jaringan. Untuk membantu Sysadmin dalam menganalisis dan monotoring jaringan, kini nguprek.com akan membahas dan memberi link download software monitoring dan analisis jaringan gratis buat para Sysadmin yang memudahkan pekerjaan dalam merawat dan menjaga keamanan jaringan kalian.

Berikut ini adalah 10 aplikasi gratis terbaik untuk monitoring perangkat, layanan, ports, atau protokol dan menganalisis traffic dari jaringan.

  1. Microsoft Network Monitor

Microsoft Network Monitor adalah aplikasi yang digunakan untuk menganalisa paket data yang memungkinkan penggunaanya untuk capture, view dan analisis traffic jaringan. Aplikasi ini sangatlah cocok untuk throbleshooting jaringan. Aplikasi ini juga memiliki fitur utama yaitu dukungan untuk lebih dari 300 protokol publik dan milik Microsoft, capture sessions secara bersamaan dan mode wireless monitor, dan sniffing traffic yang kacau.

Software ini juga dapat digunakan untuk mengetahui lalu lintas data yang sedang dikirim dan diterima melalui jaringan komputer, mulai dari data yang diambil dari sebelumnya dan bisa digunakan untuk analisa. Software ini juga menyediakan pilihan penyaringan untuk analisa kompleks melalui jaringan data. MS Network Monitor juga bisa melihat lalu lintas yang terjadi di dalamnya, berarti software ini memonitoring proses pengiriman dan penerimaan data di dalam SSID. Download Microsoft Monitoring jaringan

2. Nagios

Nagios adalah sebuah aplikasi monitoring jaringan yang membantu para sysadmin dalam memastikan sistem utama, aplikasi dan layanan selalu up dan running. Nagios mengawasi host-host dan service yang telah ditetapkan oleh sysadmin serta memberi peringatan ketika host-host keadaanya memburuk dan membaik.

Nagios juga memiliki berbagai fitur yang membuat aplikasi ini bersifat powerfull, salah satu fitur dari Nagios adalah dapat digunakan untuk memonitoring service jaringan seperti SMTP, POP3, HTTP, NNTP, PING dll. Nagios juga daoat digunakan untuk memonitoring penggua host resource misalnya processor, load, penggunaan memory, proses berjalan, file log dan hardisk. Nagios juga memiliki tampilan Web UI yang simple yang memudahkan user mengembangkan service mereka sendiri. Download Nagios

3. Pandora FMS

Pandora FMS adalah salah satu aplikasi monitoring jaringan yang akan mengawasi  jalanya server, aplikasi dan komunikasi. Pandora FMS juga merupakan aplikasi yang flexible dapat digunakan untuk managemen dan mengontrol sebuah infratruktur jaringan dengan sempurna tanpa investasi uang dan waktu. Software ini memiliki fitur dapat mengambil informasi dari perintah yang dieksekusi hingga penggunaan CPU. Software ini juga bisa membuat sebuah service dan akan memberi notifikasi terhadap hal-hal yang terjadi terhadap sistem. Selain itu, software bisa menghapus file sementara atau mengeksekusi proses yang dapat dilakukan di web. Aplikasi ini juga bisa digunakan di berbagai platform sistem operasi. Download Pandora FMS

4. Zenoss Core

Zenoss Core adalah sebuah aplikasi monitoring yang bersifat powerfull open source yang memonitoring server, apliksai, jaringan dan virtualisasi yang memberikan grafik ketersediaan dan performa yang baik. Aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu bisa digunakan dimana saja karena aplikasi zennos berbasis web. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan bisa dijalankan pada platform multi OS distro linux.Semua aktivitas device dapat ditampilkan dalam bentuk text, grafik dan Alett Messages yang dapat dikirimkan melalui email atau sms. Download Zenoss Core.  

5. Collectd

Collectd merupakan aplikasi server monitoring gratis yang bersifat open source. Aplikasi ini bekerja dengan mengumpulkan grafik dari performa system dan menampilkan datanya juga dari berbagai format semacam file RRD. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemograman C++ dan digunakan dapat di semua platfrom sistem operasi. Collectd juga bisa digunakan untuk menemukan bottleneck, monitoring dan memprediksi load system yang overtime. Download Collectd. 

6. Cacti

Cacti adalah salah satu software yang sangat popular digunakan untuk monitoring jaringan saat ini. Cacti menyimpan semua data/informasi yang digunakan untuk membuat grafik dan mengumpulkan database MySQL. Casti berjalan membutuhkan software dukungan seperti MySQL, PHP, RRDTool, net-snmp dan juga software yang support web server (Apache, IIS, Nginx dll). Cacti merupakan sebuah software yang mudah digunakan dan dipahami untuk LAN hingga network yang kompleks. Cacti dapat membantu sysadmin dalam memonitoring trafik yang mengalir pada sebuah server. Download Cacti. 

7. NetXMS

NetXMS adalah software monitoring dan management jaringan yang dapat digunakan di semua platform sistem operasi dan menawarkan management event, monitoring peforma, alerting, pelaporan dan grafik. Software ini memiliki fitur engine basis data, monitoring jaringan terdistribusi, auto discovery dan analisis jaringan. Software ini berbasis web dan pada console managment. Download NetXMS.  

8. Zabbix

Zabbix adalah software monitoring yang bersifat open source yang sangat mudah didapatkan dan gratis. Software ini sangat bagus digunakan untuk monitoring terdistribusi untuk skala jaringan kecil maupun enterprise. Selain itu software ini juga memiliki grafik yang sangatlah bagus dan mudah dimengerti oleh para pengguna. Zabbix memiliki kelebihan dapat mengirimkan pesan ketika sedang terjadi problem pada jaringan ataupun server melalui email dan sms. Download Zabbix. 

9. Munin 

Munin adalah aplikasi monitoring jaringan dan infrastruktur yang bersifat gratis dan open source. Aplikasi ini menawarkan pemantauan layanan dan mengingatkan untuk server, switch, aplikasi, layanan dll kepada sysadmin, bila ada sesuatu yang salah. Munin menggunakan bahasa pemograman Perl dab RRDTool untuk membuat grafik. Munin diakses melalui antarmuka web. Download Munin. 

10. The Dude 

Advertisements

The Dude merupakan aplikasi monitoring jaringan dan bermacam-macam perangkat. Aplikasi ini akan mengirimi pemberitahuan ketika terdapat masalah. Aplikasi ini juga bisa memindai perangkat secara otomatis pada subnet dan bisa memberi gambaran peta jaringan. The dude merupakan aplikasi dari mikrotik yang dapat mengatur lingkungan jaringan. aplikasi ini merupakan program aktual yang berjalan pada background. The Dude memiliki kekurangan yaitu tidak memiliki graphical interface dan hanya bisa dicontrol melalui aplikasi Dude Client pada lokasi mesin dan pada jaringan. The Dude juga dapat memonitoring service yang berjalan pada setiap network host dan memberi peringatan pada setiap perubahan status. The dude bisa membaca grafik dari device dan memudahkan user untuk terhubung ke device dengan mudah. Download The Dude. 

You need to add a widget, row, or prebuilt layout before you’ll see anything here. 🙂

 

Comments are closed.