5 Framework PHP Terbaik di Tahun 2020

5 Framework PHP Terbaik di Tahun 2020

Framework atau bahasa indonesianya kerangka kerja adalah sebuah software untuk memudahkan para programmer membuat aplikasi atau web yang isinya adalah berbagai fungsi, plugin, dan konsep sehingga membentuk suatu sistem tertentu. Dengan menggunakan framework, sebuah aplikasi akan tersusun dan terstruktur dengan rapi. Pada bahasa pemrograman php terdapat banyak framework yang dapat memudahkan pengkodingan PHP.

 

Berikut ini adalah daftar Framework PHP terbaik :

1. Laravel

Laravel adalah framework aplikasi web dengan sintaksis yang ekspresif dan elegan. Laravel ini berbasis PHP yang open source, menggunakan konsep model–view–controller. Laravel berada dibawah lisensi MIT, dengan menggunakan GitHub sebagai tempat berbagi kode. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Sitepoint, Laravel adalah framework yang paling banyak digunakan oleh developer. Laravel sendiri memang memiliki banyak fitur yang dapat membantu developer untuk membuat aplikasi lebih cepat.

 

2. Codeigniter

CodeIgniter merupakan aplikasi sumber terbuka yang berupa kerangka kerja PHP dengan model MVC untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan pengembang web untuk membuat aplikasi web dengan cepat mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. CodeIgniter dikenal dengan kemudahan penggunaan, kinerja yang baik, serta kecepatannya. Berbeda dengan Symfony, framework PHP yang satu ini cocok untuk digunakan di akun shared hosting atau jika kamu ingin menggunakan framework yang memiliki footprint kecil.

 

3. Symfony

Symfony adalah satu set komponen PHP yang dapat digunakan kembali dan kerangka kerja PHP untuk proyek web. Framework PHP terbaik yang satu ini lebih cocok untuk developer yang sudah mahir. Symfony sendiri memang dibuat dengan tujuan untuk membuat aplikasi di level korporat. Contoh website yang menggunakan Symfony adalah Askeet dan Yahoo! Bookmarks. Framework PHP ini memang memiliki banyak fitur dan bisa digunakan untuk banyak hal. Namun, Symfony sendiri bekerja sedikit lebih lambat jika dibanding dengan framework yang lain.

 

4. Zend

Zend Framework adalah framework aplikasi web berorientasi objek yang open source yang diimplementasikan dalam PHP. Framework ini pada dasarnya adalah kumpulan paket-paket berbasis PHP. Framework ini menggunakan berbagai paket dengan menggunakan Komposer. Zend Framework memiliki banyak pengguna dan komunitas yang besar. Karena komunitas yang besar, Zend Framework memiliki banyak dukungan dan basis pengguna yang aktif.

 

5. CakePHP

Advertisements

Bagi kamu yang baru mulai menggunakan framework PHP, CakePHP yang paling tepat. CakePHP berfokus pada pengembangan yang cepat. Jadi jika kamu perlu melakukan pengembangan website dalam waktu singkat, CakePHP bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan kemudahan penggunaan, skalabilitas, dan sistem support yang terus bertumbuh, CakePHP bisa menjadi pilihan untuk proyekmu selanjutnya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.