IANA : Lembaga Pengatur Alokasi IP Address di Dunia

IANA : Lembaga Pengatur Alokasi IP Address di Dunia

Setelah membahas tentang Mengenal Organisai Pengelola Internet kini kami akan membuat artikel mengenai IANA (Internet Assigned Numbers Authority) yang mengatur alokasi IP address di dunia. Lalu apa yang di maksud dengan IANA? Mungkin kalian mencari-cari jawaban tentang pertanyaan tersebut. Namun kini kami akan menjawab melalu artikel kami.

IANA (Internet Assigned Numbers Authority) adalah sebuah lembaga yang mengatur alokasi IP address yang ada di dunia dan juga mengurusi masalah penetapan parameter protokol internet. IANA bertanggung jawab dalam koordinasi global pengalamatan IP Address dan penggunaan AS Number untuk routing di dalam internet. Informasi mengenai IANA dapat di akses melalui web resminya http://iana.org.

IANA memiliki otoritas untuk menunjuk organisasi lainya  untuk meregistrasikan nama domain dan memberi blok ip spesifik kepada pelanggan. IANA beroperasi di bawah naungan Pengelola Internet yaitu  Internet Society (ISOC) dan dianggap sebagai bagian dari Internet Architecture Board (IAB). IANA bertindak sebagai otoritas tertinggi yang mengatur root DNS dan mengatur basis data pusat informasi DNS dan menetapkan alamat IP untuk sistem-sistem otonom di jaringan internet.

IANA mengkoordinasi penggunaan IP Address di dunia, Tetapi ada beberapa badan yang mengawal IP dibawah IANA yaitu :

1. APNIC (Asia Pacific Network Infomation Center)

APNIC  adalah sebuah organisasi yang bertanggung jawab dalam menangani sumberdaya nomor Internet di kawasan Asia dan Australia salah satunya yaiti Indonesia.

2. ARIN (Amerika Registry for Internet Numbers)

ARIN adalah lembaga nirlaba yang mengelola distribusi sumber daya nomor internet seperti IPv4 dan IPv6 ruang alamat dan nomer AS (Autonomous System). ARIN bertanggung jawab menangani wilayah Amerika Utara, Amerika selatan dan Afrika Selatan.

3. LACNIC (Regional Latin-American and Caribben IP Address Registry)

LACNIC bertanggung jawab menangani wilayah kawasan Amerika Latin dan beberapa kepulauan Kariba.

4. RIPE NCC (Réseaux IP Européens)

Advertisements

RIPE NCC adalah lembaga yang mengawasi alokasi dan pendaftaran nomor internet dan AS di wilayah Eropa, Timur Tengah dan Asia Tengah.

Nah di atas adalah artikel mengenai lembaga yang mengatur alokasi IP address di dunia, Pada artikel berikutnya kami akan membahas tentang Lembaga Yang Mengatur Alokasi IP Address di Indonesia.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.