Jenis Jenis Board Internet of Things Terpopuler

Jenis Jenis Board Internet of Things Terpopuler

Internet of Things (IoT) memiliki banyak untuk board atau papan pengembangan. Dalam Internet of Things terdapat banyak sekali pilihan board pengembang yang cocok dengan projek yang ingin dikerjakan, tetapi tentu sebagai pelanggan kita tidak boleh asal pilih board untuk projek iot kita. Tentunya kita akan memilih board yang tentunya cocok dan kompatibel dengan projek iot yang ingin kita kerjakan.

 

Berikut adalah daftar 10 papan pengembangan yang ideal untuk proyek IoT pertama Anda.

1. Arduino Uno

Arduino Uno menjadi favorit para pemula dan para expert. Dianggap sebagai salah satu board berbasis mikrokontroler pertama. Arduino menggunakan ATmega328P yang memiliki 14 pin input / output digital dan enam input analog. Meskipun hanya mempunyai memori Flash 32 KB, ia dapat mengolah kode yang berhubungan dengan logika dan operasi yang kompleks.

Arduino memiliki dukungan komunitas terbaik. Dari sensor ke aktuator ke perpustakaan, ia memiliki ekosistem yang berkembang. Hampir setiap environment prototipe mencoba untuk kompatibel dengan pin Arduino. IDE open source untuk mengembangkan sketch adalah alasan lain untuk popularitasnya. Arduino menggunakan bahasa pemrograman C untuk menuliskan kode program.

 

2. Raspberry Pi

Raspberry Pi adalah salah satu board internet of things yang sangat populer. Bahkan pengguna non-teknis bergantung padanya untuk mengkonfigurasi sistem media digital dan kamera pengintai mereka. Raspberry Pi 3 yang baru diluncurkan termasuk WiFi dan Bluetooth bawaan menjadikannya komputer yang paling ringkas dan standalone. Memiliki spesifikasi Broadcom BCM2837 SoC dengan prosesor ARM Cortex-A53 1.2 GHz 64-bit 64-bit dan RAM 1GB, Pi adalah platform yang kuat. Raspberry Pi 3 dilengkapi dengan 2,4 GHz WiFi 802.11n dan Bluetooth 4.1 sebagai tambahan untuk port Ethernet 10/100. Port HDMI memudahkan untuk menghubungkan sumber A / V.

Raspberry Pi beroperasi pada Linux Debian khusus yang disebut Raspbian, yang memberikan pengalaman pengguna yang sangat baik. Untuk pengembang dan pemula, Raspbian menawarkan environment untuk menginstal berbagai paket termasuk Node.js, LAMP, Java, Python, dan banyak lagi. Dengan empat port USB dan 40 pin GPIO, Anda dapat menghubungkan banyak periferal dan aksesori ke Pi.

 

3. Intel Edison

Intel Edison adalah CPU dual-core berkinerja tinggi dengan micro-controller single core yang dapat mendukung pengumpulan data yang kompleks. Ini memiliki Wi-Fi terintegrasi yang disertifikasi di 68 negara, dukungan Bluetooth® 4.0, 1GB DDR, dan memori flash 4GB. Edison dilengkapi dengan dua papan pelarian – satu yang kompatibel dengan Arduino dan papan lainnya yang dirancang untuk menjadi lebih kecil dalam ukuran untuk prototipe mudah. Papan breakout Arduino memiliki 20 pin input / output digital, termasuk empat pin sebagai output PWM,

Enam input analog, satu UART (Rx / Tx), dan satu pin I2C. Edison berjalan pada distribusi Linux tertanam yang disebut Yocto. Ini adalah salah satu dari sedikit papan yang mendapatkan sertifikasi oleh Microsoft, AWS, dan IBM untuk konektivitas cloud.

 

4. Adafruit Flora

Jika Anda tertarik pada produk yang dapat dikenakan, Adafruit Flora cocok untuk Anda. Adafruit Flora adalah platform elektronik yang dapat dikenakan berdasarkan mikrokontroler Arduino paling populer. Ukuran Flora menjadikannya pilihan ideal untuk disematkan dalam pakaian. Muncul dengan benang konduktor tipis yang dapat dijahit yang berfungsi sebagai kawat yang menghubungkan daya dan aksesori lainnya. Versi terbaru dari Flora dikirimkan dengan micro-USB dan LED Neopixel untuk kemudahan pemrograman dan pengujian.

Adafruit Flora didasarkan pada mikrokontroler Atmega 32u4, yang menggerakkan Arduino Mega dan Leonardo. Ada konektor baterai JST 2 terpolarisasi onboard dengan perlindungan Schottky diode untuk digunakan dengan paket baterai eksternal dari 3,5V ke 9V DC. Mengingat kompatibilitasnya dengan Arduino, sebagian besar sketch akan berjalan tanpa perlu dimodifikasi.

Advertisements

 

Semoga Bermanfaat

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.