Manajemen Server Menggunakan Virtualmin

Menggunakan Virtualmin / Pixabay

Mengoperasikan dedicated server membutuhkan pengetahuan yang cukup teknis perkara jaringan dan administrasi sistem operasi server/jaringan. Minimal harus paham soal, mekanisme remote server menggunaan SSH dan beberapa perintah dasar untuk : manajemen file, manajemen permission, manajemen service, dan lain-lain. Bagi mereka yang ingin meninggalkan keribetan dan mencari jalan paling simple adalah menggunalan solusi Virtualmin.

Virtualmin masuk dalam golongan software web-based yang untuk mengelola web hosting dan control panel. Cara instalasinya cukup mudah, berdasarkan situs resminya cara instalasinya hanya butuh mengunduh file installer yang disediakan dan menjalankannya. Setelah itu pengguna akan dipandu untuk mengisikan beberapa informasi yang diperlukan.

Untuk download, bisa menggunakan perintah :

# wget http://software.virtualmin.com/gpl/scripts/install.sh

Setelahnya unduhan selesai pengguna tinggal menjalankan perintah eksekusinya dengan perintah

# ./install.sh

Instalasi Virtualmin seharusnya tanpa Masalah berarti. Jika ada masalah lanjutan pihak Virtualmin menyediakan dokumentasi perbaikan masalah di sini.

Advertisements

Virtualmin ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang sedang ingin praktek mengenai control panel hosting. Saat proses instalasi selesai kita juga akan mendapatkan webmin.