Press "Enter" to skip to content

Manfaat Internet of Things di Masa Kini

 

Pengertian Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep yang mengacu pada penggunaan perangkat elektronik dan sistem cerdas yang terhubung untuk memanfaatkan data yang dikumpulkan oleh sensor dan aktuator dalam mesin dan objek fisik lainnya. IoT dapat bekerja dengan memanfaatkan sebuah argumentasi pemrograman disetiap perintah argumennya itu menghasilkan sebuah interaksi antara sesama mesin yang terhubung secara otomatis tanpa dengan adanya campur tangan manusia dan dalam jarak berapapun.

Dalam Internet of Thing (IoT) pada sebuah metode yang bertujuan untuk memaksimalkan manfaat dari konektifitas internet yang digunakan untuk melakukan transfer dan pemrosesan data-data atau informasi melalui pada sebuah perangkat elektronik di jaringan internet yang secara nirkabel, virtual dan otonom. Internet of Things mengacu pada mengidentifikasian pada suatu objek yang direpresentasikan secara virtual di dunia maya atau Internet. Jadi dapat dikatakan bahwa Internet of Things adalah bagaimana suatu objek yang nyata di dunia ini digambarkan di dunia maya (Internet). Metode yang digunakan oleh Internet of Things adalah nirkabel atau pengendalian secara otomatis tanpa mengenal jarak. Pengimplementasian Internet of Things sendiri biasanya selalu mengikuti keinginan si developer dalam mengembangkan sebuah aplikasi yang ia ciptakan.

 

Sejarah Singkat

Sejak mulai dikenalnya internet pada tahun 1989, mulai banyak hal kegiatan melalui internet, Pada tahun 1990 John Romkey menciptakan perangkat, pemanggang roti yang bisa dinyalakan dan dimatikan melalui Internet. Menurut beberapa penilitian Internet of Things sudah banyak diterapkan di beberapa bidang ke ilmuan dan industri, seperti dalam bidang ilmu kesehatan, informatika, geografis dan beberapa bidang ilmu lain. Kemudian Internet of Thing berkembang sangat pesat hingga saat ini berbagai universitas dan politeknik yang ada di dunia berlomba-lomba untuk menemukan inovasi baru di semua bidang Internet of Things.

 

Manfaat Internet of Things (IoT)

Internet of Things telah berkembang hingga mendunia, semua orang berusaha untuk mengembangkan inovasi dalam segala bidang. Tentunya alat ini memiliki banyak manfaat hingga dikembangkan begitu pesatnya oleh banyak orang. Manfaat Internet of Things tidak hanya berada di satu bidang tetapi banyak bidang sekaligus. Bidang bidang itu meliputi Kesehatan, keamanan, Agriculture, Pendidikan, dan lain-lain.

  • Bidang Pendidikan

Manfaat Internet of Thing di bidang pendidikan tentunya mahasiswa dapat mempelajari internet of thing dalam perkuliahan, paham tentang IoT, dan tahu cara penggunaan dan pengaplikasian IoT.

  • Bidang Teknologi

Di bidang ini IoT dapat digunakan untuk mensupport suatu teknologi contohnya adalah Internet of Things dapat diaplikasikan sebagai sistem monitoring panel surya, smart grid power system, Smart City, Smart Home, dan lain-lain.

  • Bidang Agriculture

Internet of Things digunakan untuk mendukung sistem pertanian dan penanaman flora. Contoh penerapan dalam bidang ini adalah Penggunaan Internet of Things untuk Pemantauan dan Pengendalian Sistem Hidroponik, Smart Agriculture, Smart Kandang Ayam, Sistem Irigasi Tetes, dan lain-lain.

  • Bidang Kesehatan

IoT dapat diterapkan pada ruang lingkup rumah sakit. Contoh penerapannya adalah monitoring infus, pengendalian tangan robotika yang digunakan untuk operasi dan lain-lain.

  • Bidang Industri

IoT dapat digunakan dalam ruang lingkup suatu industri ataupun dalam suatu perusahaan. Contoh penerapannya adalah digunakan untuk meningkatkan produksi pada industri karet, monitoring bahan bakar minyak, dan lain-lain.

  • Bidang Keselamatan

Internet of Thing juga dapat digunakan untuk keselamantan diri. Contoh penerapannya adalah monitoring banjir.

Advertisements
  • Bidang Keamanan

Internet of thing dapat diterapkan di banyak aspek keaman yang ada di kehidupan sehari hari. Contoh penerapannya adalah Sistem anti pencuri pada sepeda motor, digunakan sebagai pengunci rumah, dan lain-lain.

Comments are closed.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d bloggers like this: