Memahami DHCP

Memahami DHCP

***

Seorang network engineer sedang dihadapkan dengan pekerjaan untuk menghubungkan komputer dalam satu gedung. Permintaannya sederhana, semua konfigurasi terdokumentasi sehingga memudahkan dalam pengelolaan kemudian hari. Dokumentasi konfigurasi di sini bukan foto atau video, melainkan catatan rinci apa saja yang ditambahkan dan apa saja yang diubah di dalam sebuah komputer.

Dalam kasus network engineer tersebut layanan DHCP memiliki peran penting. Dengan adanya layanan DHCP si network engineer tidak harus melakukan pembarian IP address secara manual dan mencatatnya satu per satu. Ada mekanisme di dalam DHCP yang membantunya untuk memberikan ip secara otomatis untuk ratusan komputer sekaligus.

***

 

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) merupakan layanan mampu memberikan konfigurasi IP address otomatis ke setiap klien yang terhubung dan melakukan request. Konfigurasi IP address yang dimaksud adalah paket IP address yang bisa dilengkapi dengan netmask, gateway hingga DNS. Semuanya mampu diberikan secara otomatis oleh DHCP server.

DHCP bekerja dengan beberapa tahapan. Banyak yang menyebutnya dengan istilah DORA (Discovery, Offering, Request, dan Acknowledgement). Proses dari klien mencari apakah di jaringan terdapat DHCP server, kemudian ditangapi server dengan penawaran, dilanjutkan dengan permintaan dari klien untuk paket konfigurasi IP address dan terakhir konfigurasi diberikan.

Nantinya ketika sudah berhasil mendapatkan IP, data-data tersebut akan direkam atau dicatat di server sebagai tanda “penyewaan IP”. Informasi yang dicatat biasanya berisi tentang hostname, mac address, IP yang disewa, durasi terhubung dan beberapa informasi lainnya.

Memahami DHCP

Istilah-istilah dalam DHCP

IP Pool : Sering digunakan untuk menyebutkan kelompok IP Address yang ingin disewakan. Beberapa sistem juga menyebutnya sebagai Range IP.

Leases-time : leases time sering disebut sebagai waktu sewa. Jika waktu sewa habis dan klien sudah tidak lagi terhubung makan paket konfigurasi bisa diberikan ke klien yang lain.

Advertisements

APIPA : Kependekan dari Automaic Private IP Addressing. IP yang muncul ketika klien Windows tidak bisa mendapatkan IP secara otomatis dari DHCP server.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.