Mengenal Apa itu Proxy Server

Apa itu proxy server

Proxy merupakan server yang menyediakan layanan yang mampu meneruskan setiap permintaan user kepada server lain yang terdapat di internet. pengertian lainnya yakni sebuah server atau program komputer yang memiliki peran sebagai penghubung antara suatu komputer dengan internet.

Pada umumnya proxy server digunakan untuk mengamankan jaringan komputer pribadi yang terhubung dengan jaringan publik. Jadi, dari proxy server tersebut maka biasanya server diletakkan di antara aplikasi server dengan aplikasi client, dimana aplikasi client berupa web browser, client FTP dan lainnya sedangkan aplikasi server berupa server FTP dan web server.

Sebenarnya prinsip kerja proxy server sangatlah sederhana. Saat user menggunakan layanan suatu proxy, user akan meminta file atau data yang terdapat di public server (internet) maka proxy akan meneruskannya ke internet jadi seolah-olah proxy tersebut yang memintanya. Dan ketika  proxy server telah mendapatkan apa yang diminta oleh user, proxy akan respon balik kepada user dengan memberikan data yang diminta,  jadi seolah-olah dialah public servernya.

Baca juga : Software Yang Sering Digunakan Anak Jurusan TKJ

Fungsi Proxy

Dari penjelasan tentang pengertian proxy dan cara kerjanya tersebut, maka berikut ini 3 fungsi utama server proxy yang harus diketahui :

  1. Fungsi Connection Sharing

Salah satu fungsi proxy adalah sebagai connecting sharing yaitu sebagai penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu alamat IP dan diantarkan ke alamat IP lainnya ataupun kepada IP komputer user.

  1. Fungsi Filtering

ada beberapa proxy yang dilengkapi dengan fitur firewall, hal ini memungkinkan proxy  memblokir satu atau lebih alamat IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tidak dapat diakses dengan memakai proxy tersebut.

  1. Fungsi caching

Fungsi selanjutnya adalah sebagai fungsi caching, yang dimaksud adalah proxy juga dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari permintaan akses user. Misalnya permintaan untuk mengakses suatu web berita, video, atau gambar dapat lebih cepat jika telah ada permintaan pada pemakai proxy sebelumnya. Itulah fungsi proxy sebagai caching.

Baca juga : Konfigurasi Proxy di Debian [Squid3]

Manfaat Proxy

Proxy memiliki beberapa manfaat sebagai berikut :

  1. Menghemat Bandwidth

Proxy server bisa dimanfaatkan untuk menghemat penggunaan bandwith dari koneksi internet user karena adanya proses caching yang menyimpan cookies dari situs-situs yang pernah dikunjungi.

  1. Meningkatkan Kinerja Internet

Proxy server mampu membantu meningkatkan kinerja jaringan internet pengguna karena memungkinkan adanya penghematan bandwith.

Advertisements
  1. Memblokir Situs Tertentu

Proxy server dapat secara otomatis memblokir situs-situs yang mengandung sara atau situs yang tidak diinginkan dengan adanya fitur filtering. Sehingga dengan manfaat ini bisa menghindari karyawan membuka situs-situs terlarang melalui jaringan internet lokal perusahaan.