Mengenal Organisasi Pengelola Internet

Mengenal Organisasi Pengelola Internet

Internet adalah jaringan yang menghubungkan miliaran perangkat komputer dan ponsel di seluruh dunia. Pernahkan kalian berpikir siapa sih yang mengelola internet? hingga kita bisa berinternet secara lancar, chatting seperti whatsApp, BBM, Line, dll dan mungkin kita juga bisa bersosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dll. Nah dari pertayaan itulah yang akan saya bahas di dalam artikel ini. Sebelumnya kita pernah membahas tentang  Mengetahui Sejarah Dan Perkembangan Internet Di Dunia bukan? walaupun internet diawali oleh ARPANET dan berkembang di militer dan pendidikan, namun internet sekarang bukan milik suatu institusi ataupun negara tetapi ada sejumlah organisasi yang menjadi pengelola internet, siapa saja ya?

  1. World Wide Web Consortium (W3C)

W3C di bentuk dari Laboratorium Ilmu Komputer MIT oleh Tim Berners-Lee dan Al-Vezza. W3C di pimpin oleh Berners-Lee. W3C bertanggung jawab jawab terhadap perkembangan protokol dan standar yang terkait web, misalnya standarisasi HTML, XHTML, CSS dan XML. W3C memiliki website yang dapat di akses http://www.w3c.org.

2. Internet Architecture Board (IAB)

IAB merupakan turunan dari ARPANET. IAB memiliki fungsi mempertahankan standart tekhnis seperti, TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol). IAB bertanggung jawab dalam mendefinisikan backbone internet.

3. Internet Society (ISOC)

ISOC di bentuk oleh berbagai organisasi, pemerintahan, komunitas, akademis dan para profesional. Internet Society adalah perpustakaan dari berbagai informasi terbaru yang bertanggung jawab dalam membuat kebijakan tentang internet serta memantau lembaga lain seperti IETF. Organisasi ini mengembangkan dan memperdayakan internet untuk penggunaan non komersial.

4. Internet Engineering Task Force (IETF)

IETF adalah sebuah lembaga yang bertanggung jawab terhadap masalah teknis perkembangan teknologi internet dan di dedikasi bekerja untuk peningkatan internet. IETF memliki tugas mengkaji teknologi yang kemudian di standarisasi menjadi sebuah request for comment(RFC).

5.  Internet Corporation For Assugned Names And Number (ICANN).

ICANN merupakan organisasi non-profit dan berhubungan dengan data yang dangat sensitif dan data penting. Organisasi ini mengelola registri dari web dan alamat IP dan memastikan tidak ada alamat yang di duplikasi.

6. The Internet Assigned Authority (IANA) & Internet Network Information (InterNIC).

organisansi ini bertanggung jawab terhadap alokasi nama domain dan alamat IP.

Advertisements

Sekian artikel kami mengenai Organisasi yang mengelola internet. semoga bermanfaat buat para pembaca dan menambah wawasan serta pengetahuan. Terima kasih

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.