Penjelasan Mengenai Protokol ICMP

Penjelasan Mengenai Protokol ICMP
Pengertian ICMP

ICMP atau Internet Control Message Protocol adalah salah satu protokol jaringan yang digunakan di dalam jaringan internet, seperti protocol-protocol lain sebagai contoh TCP/UDP . ICMP digunakan peralatan-peralatan yang terhubung melalui jaringan internet untuk analisa kesalahan jaringan, mengirim pesan-pesan ke dalam sebuah jaringan, mulai mengirimkan pesan error, pesan diterima, hubungan putus atau connection lost dan sebagainya.

ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna. salah satu pengecualian adalah aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP Echo Request (dan menerima Echo Reply) untuk menentukan apakah komputer tujuan dapat dijangkau dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh komputer tujuan.

Penggunaan ICMP yang terkenal adalah ping dan traceroute.
Dalam ping komputer A akan mengirimkan echo request dan komputer B akan membalas dengan echo reply. Komputer A juga menghitung berapa lama waktu pengiriman request dengan reply.
Pada traceroute komputer A akan menganalisa jalur yang dipakai untuk menuju B. Komputer A akan mengirimkan ICMP echo request dan hasilnya adalah daftar sejumlah router yang digunakan untuk mencapai B lengkap dengan informasi waktu yg dibutuhkan untuk mencapai setiap routernya.

Fungsi dari ICMP

Protokol ICMP atau Internet Control Message Protocol memiliki fungsi utama sebagai berikut.

1. Melaporkan Apabila Terjadi Error Pada Sebuah Jaringan
Error biasanya terjadi ketika pesan dan request tidak tersampaikan ke host, koneksi terputus atau kehilangan koneksi dalam proses transmisi data dalam jaringan komputer

2. Membantu Prosedur Pengaturan Pada Sebah Jaringan
ICMP bertugas untuk mengatur segala macam bentuk pengaturan pada sebuah jaringan kompter. Dengan adanya ICMP, maka setiap jaringan komputer dapat berjalan sesuai dengan prosedur, sehingga tidak melenceng atau mengalami kesalahan dalam proses transmisi jaringan.

3. Menyediakan Pengendalian Error dan Pengendalian Arus Pada Layer Network
ICMP juga memiliki tugas juga fungsi lainnya, yaitu melakukan pengenalian terhadap arus informasi yang ditransmisikan pada network layer atau lapisan jaringan. Sebuah jaringan akan memiliki beberapa macam lapisan atau layer – layer tertentu yang mana setiap paket data harus melewatinya. ICMP bertugas untuk melakukan pengendalian terhadap arus yang akan masuk ke dalam masing – masing layer tersebut.

Advertisements

4. Mendeteksi Terjadinya Error Pada Jaringan, Seperti Connection Lost
Ketika ICMP mendeteksi terjadinya error, biasanya router atau perangkat keras jaringan lainnya akan memberikan tanda kepada ICMP, misalnya host tidak dapat dijangkau, atau koneksi terputus.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.