Mengetahui Sejarah Dan Perkembangan Internet Di Dunia

Mengetahui Sejarah Dan Perkembangan Internet Di Dunia

Zaman sekarang ini internet lebih di sikapi dengan eksistensinya sebagai aspek yang memiliki sifat semi-primer atau bisa di samakan dengan objek pokok yang sering di gunakan banyak orang. Seperti kita ketahui internet bukanlah hal yang asing bagi setiap kalangan, mulai dari anak sekolah yang di gunakan untuk mencari tugasnya di internet hingga adanya bisnis yang di lakukan di internet yaitu bisnis online seperti toko online, iklan, dll. Namun kebanyakan dari mereka tidak mengetahui tentang sejarah internet dan perkembanganya. Lalu bagaimana sejarah serta perkembanganya?

  • Sejarah Internet Secara Umum Dan Perkembanganya

Awalnya internet adalah sebuah jaringan yang ada di dalam komputer. Tahun 1969 diluncurkanya sebuah hasil rancangan yang bernama ARPA oleh Departemen Pertahanan yang ada di Amerika Serikat yang menjadi cikal bakal kehadiran internet. ARPA lebih di kenal dengan ARPANET(Advanced Research Agency Network), yang beberapa pihak pencetusnya lebih dominan menjalankan sistem komputer dan internet yang berbasis UNIX.

Awal tujuan di ciptakanya internet adalah hanya untuk membangun dan mempertahankan proyek yang di dasari untuk keperluan militer untuk negara-negara di seluruh dunia. Keberadaan internet saat itu di gunakan sebagai sarana penghubung antara sistem kinerja dari militer, seperti proyek nuklir yang di rancang sebagai alat tempur untuk perang oleh Departemen Pertahanan di Amerika Serikat, selain itu kinerja jaringan utamanya yaitu ARPANET.

Tahun 1969 sistem internet dahulu sudah terakses di beberapa negara termasuk indonesia. Awalnya sistem internet hanya bisa mengakses 4-5 situs saja. Bulan Oktober 1972 ARPANET di perkenalkan ke sejumlah negara di dunia, selama 3 tahun berselang dan keberadaanya mulai berkembang dan meluas di seluruh kawasan Amerika Serikat. Setelah berkembangnya internet tidak hanya di gunakan di bidang militer saja namun di luar bidang militer. Sebelum menjadi nama internet, ARPANET terpecah dahulu menjadi MILNET dan ARPANET tetapi masih memiliki hubungan/koneksi dan namanya menjadi DARPA hingga saat ini di kenal dengan nama internet. Internet saat ini memiliki peranan yang sangat penting di dunia informasi dan komunikasi salah satunya adalah sebagai jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll. Bisa di lihat saat ini masyarakat sangat terbantu dengan adanya internet.

Advertisements

Sekian artikel kami mengenai Sejarah internet dan Perkembanganya semoga menambah wawasan dan pengetahuan anda. Terima kasih

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.