Press "Enter" to skip to content

Menyiapkan Diri Menghadapi Ujian Nasional

Hampir setiap tahun gegap-gempita Ujian Nasional [sekarang disebut UNBK karena dikerjakan menggunakan komputer] terjadi di sekolah. Meski tidak lagi sebagai faktor penentu kelulusan ujian ini tetap dianggap serius, setidaknya bagi mereka yang masih menganggap bahwa Ujian Nasional adalah salah satu cara membuktikan bahwa tiga tahun belajar di sekolah tidaklah sia-sia.

Di hampir semua sekolah banyak program-program dijalankan, mulai menambah porsi belajar siswa hingga pengajian untuk memastikan siswa-siswi siap secara mental dan materi. Hal positif yang harusnya tetap dibudayakan karena segala sesuatunya seharusnya penuh dengan persiapan.

Untuk melengkapi segala persiapan yang sudah-sudah ada sebelumnya. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional, setidaknya membuat diri lebih siap dan percaya diri.

Mengukur Diri

Dalam menghadapi apa pun, termasuk ujian nasional optimisme sangat diperlukan. Namun terlalu sangat percaya diri, atau sederhananya terlalu optimis juga bisa menjadi boomerang. Salah satu cara efektif untuk menghindari hal tersebut adalah dengan mengukur diri, atau mengetahui sejauh mana kemampuan diri sendiri.

Cara-cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengukur diri antara lain, mengerjakan latihan soal dan evaluasi. Kerjakan beberapa soal sesuai dengan materi atau kisi-kisi yang sudah ditentukan. Kemudian ukur kemampuan diri dengan cara mengerjakan soal secara jujur. Tak masalah jika hasilnya kurang  memuaskan, toh cuma latihan.

Kemudian lakukan perbaikan di poin-poin yang dirasa masih kurang. Cari penjelasan dari berbagai sumber, seperti bertanya dengan guru secara langsung, diskusi dengan teman hingga mencari penyelesaikan di sumber-sumber kredibel yang ada di internet. Kunci utamanya adalah jujur pada diri sendiri dan jangan mengingkari jika hasilnya di bawah ekspektasi.

Fokus

Hal yang satu ini mungkin terdengar sepele, tapi akan sulit diterapkan. Fokus pada ujian nasional. Di tengah polemik pilihan antara memilih jurusan untuk kuliah atau langsung bekerja fokus adalah sebuah hal mewah. Pikiran yang terpecah-pecah sering meminta korban, tak sedikit yang memilih ujian nasional sebagai korban.

Untuk fokus diperlukan beberapa strategi, seperti membagi pikiran dengan diskusi atau meluangkan waktu khusus hanya untuk belajar mempersiapkan ujian nasional.

Berdiskusilah dengan orang-orang yang lebih berpengalaman untuk semua hal yang sedang dikhawatirkan. Baik memilih jurusan atau menimbang keputusan untuk kerja. Demikian juga perkara mempersiapkan ujian nasional. Sekali lagi, meski tak lagi menentukan kelulusan ujian nasional bisa jadi kesempatan emas untuk membuktikan bahwa apa yang selama ini diusahakan tidak berakhir sia-sia.

Memperkuat mental

Kelelahan dalam persiapan ujian nasional itu pasti, baik fisik maupun mental. Selain olahraga teratur untuk menjaga kondisi fisik, sesekali menikmati hiburan bisa jadi solusi paling efektif meredakan kelelahan mental.

Advertisements

Bercengkrama sambil ngemil ketang goreng, atau sekedar bertukar meme di group dengan teman sekalas bisa jadi solusi murah dan mudah. Tidak perlu ngoyo untuk belajar non stop, imbangi dengan hiburan-hiburan yang cocok, tapi tidak menguras energi.

Comments are closed.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d bloggers like this: