Bagaimana Sebaiknya Merawat Komputer/Laptop Tua

merawat komputer

Tidak semua perangkat baru harus dibeli, kadang kita bisa mengoptimalkan yang sudah ada. Dalam hal komputer atau laptop salah satu untuk tetap menjaga performanya agar bisa digunakan dengan optimal adalah dengan merawatnya. Baik dari segi perangkat lunaknya maupun dari segi perangkat keras. Berikut beberapa hal yang kami rekomendasikan untuk merawat atau setidaknya mengoptimalken kinerja komputer atau laptop tua.

Merawat Sistem Operasi

Merawat sistem operasi ini mungkin menjadi hal yang cukup rumit bagi pengguna awam, tapi pada kenyataannya ini adalah hal yang paling gampang dilakukan. Bagaimana cara merawat sistem operasi? jawabannya adalah dengan cukup peduli dengan apa yang di-install dalam sistem dan memanajemen program apa saja yang sedang berjalan. Lakukan evaluasi berkala, bisa per bulan atau per tiga bulan. Tengok kembali perangkat lunak apa saja yang sudah di-install. Jika menemukan perangkat lunak yang dirasa tidak perlu jangan ragu menghapusnya.

Maintenance Harddisk

Yang dimaksudkan maintenance harddisk ini adalah melakukan defragment berkala. Meski langkah ini tidak begitu berpengaruh apa bila harddisk sudah terlanjur tua dan terdapat banyak bad sector, tapi setidaknya kebiasaan melakukan defragment akan memperpanjang usia harddisk.

Membersihkan debu dan kotoran

Membersihkan debu dan kotoran pada komputer maupun laptop adalah langkah sederhana tapi sering kali terlewat begitu saja. Terutama bagi laptop, debu dan kotoran bisa sangat berpengaruh pada performa. Katakanlah debu menumpuk pada saluran angin pada laptop, ini akan menyebabkan laptop cepat panas. Belum lagi jika kotoran atau debu menumpuk pada RAM, harddisk, keyboard, atau lainnya. Tentunya akan menganggu kinerja secara keseluruhan, atau bahkan bisa menyebabkan hal yang lebih buruk. Lakukanlah pembersihan perangkat komputer atau laptop secara berkala.

Advertisements

Upgrade Ram dan SSD

Jika komputer dan lapotop sudah terlampau tua dan kinerjanya tidak bisa dipaksakan lagi, ada dua hal yang kami sarankan untuk kembali meningkatkan performa. Ya itu upgrade RAM dan ganti Harddisk menjadi SSD. Dua ini bisa dipilih salah satu, tapi sangat disarankan untuk mengupgrade keduanya sekaligus untuk mendapatkan peningkatan kualitas yang signifikan.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.