Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat dari RADIUS Server

Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat dari RADIUS Server

Pengertian RADIUS Server

RADIUS (Remote Authentication Dial In User Service) Server adalah sebuah server yang digunakan untuk melayani service Authentication, Authorization, dan Accounting (AAA) di dalam sebuah jaringan. Singkatnya RADIUS Server ini menyimpan kumpulan user dimana user-user tersebut dapat digunakan oleh client atau user yang berada dalam satu jaringan dengan RADIUS Server tersebut.

RADIUS Server pada awalnya digunakan untuk melakukan autentikasi terhadap akses jaringan secara jarak jauh dengan menggunakan koneksi dial-up. Tetapi kini telah diimplementasikan untuk melakukan autentikasi terhadap akses jaringan secara jarak jauh dengan menggunakan koneksi selain dial-up, seperti halnya Virtual Private Networking (VPN), access point nirkabel, switch Ethernet, dan perangkat lainnya. RADIUS banyak dipakai oleh Provider dan ISP internet untuk authentikasi dan billingnya. RADIUS merupakan salah satu solusi murah untuk para penggagas sistem Hotspot.

 

Cara Kerja RADIUS Server

RADIUS Remote Authentication Dial-In User Service, merupakan suatu metode standar protokol yang mengatur komunikasi antara NAS Network Access Server dengan AAA server. Ketika NAS menerima permintaan koneksi dari user, NAS akan mengirimkan informasi yang diperolehnya dari user ke server RADIUS. Server RADIUS akan mencari dan mencocokkan informasi mengenai user tersebut pada database-nya, baik internal, eksternal, maupun server RADIUS lain. Jika terdapat informasi yang cocok, server RADIUS akan mengizinkan user tersebut untuk digunakan. Jika tidak, maka user tersebut akan ditolak. Berdasarkan informasi ini, NAS memutuskan untuk melanjutkan atau memutuskan koneksi dengan user. Selanjutnya, NAS mengirimkan data ke server RADIUS untuk mencatat semua kegiatan yang dilakukan user dalam jaringan.

Advertisements

 

Manfaat RADIUS Server

  • Setiap sesi pengguna individu dienkripsi secara unik, yang mencegah pengguna lain memperoleh informasi pribadi. Ini berbeda dari jaringan WPA/PSK, di mana setiap pengguna berbagi kunci enkripsi yang sama.
  • Pengguna atau perangkat tertentu dapat dengan mudah di-deautorisasi oleh RADIUS Server dengan menonaktifkan kunci enkripsi unik yang sesuai.
  • Network Permission, seperti kebijakan firewall, penjadwalan, dapat ditetapkan dalam profil pengguna tertentu, berdasarkan identitas pengguna.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.