Pengertian dan Kelebihan Teknologi 4G

Pengertian dan Kelebihan Teknologi 4G

Pengertian Teknologi 4G

4G adalah istilah untuk komunikasi seluler generasi keempat, yang menawarkan kecepatan 10 kali lebih cepat daripada yang ada di jaringan generasi ketiga sebelumnya, atau 3G. Teknologi 4G dibangun berdasarkan apa yang ditawarkan 3G, tetapi melakukan segalanya dengan kecepatan yang jauh lebih cepat. Kecepatan datanya yang lebih tinggi bisa membuat smartphone sebanding dengan PC, memberi mereka kemampuan multimedia dan game yang lebih baik.

 

Kelebihan Teknologi 4G

1. Peningkatan Kecepatan Unduh / Unggah

Standar 4G sekitar lima hingga tujuh kali lebih cepat dari 3G, menawarkan kecepatan teoritis hingga sekitar 150Mbps. Itu sama dengan potensi kecepatan maksimum sekitar 80Mbps di dunia nyata. Dengan 4G standar Anda dapat mengunduh film 2GB HD dalam 3 menit 20 detik pada jaringan seluler 4G standar, sementara untuk jaringan 3G akan memakan waktu lebih dari 25 menit.

 

2. Mengurangi Latency

Kecepatan unduh bukan satu-satunya hal yang telah ditingkatkan, karena 4G juga memiliki waktu respons yang lebih baik daripada 3G karena latensi yang lebih rendah. Ini berarti bahwa perangkat yang terhubung ke jaringan seluler 4G akan mendapatkan respons yang lebih cepat terhadap permintaan daripada perangkat yang sama yang terhubung ke jaringan seluler 3G.

Waktu latensi yang ditingkatkan, berkurang dari 120 milidetik (3G) menjadi sekitar 75 milidetik (4G), mungkin tidak tampak signifikan di atas kertas. Namun, mereka dapat membuat perbedaan yang signifikan ketika bermain game online dan streaming video langsung.

 

3. Kualitas Panggilan Menjadi Lebih Jernih

Voice over LTE (VoLTE) mirip dengan Voice over Internet Protocol (VoIP), yang menggunakan aplikasi suara seperti Skype untuk mendukung panggilan suara melalui internet. Manfaat lain adalah memungkinkan Anda untuk menelepon dan mengirim pesan teks ketika Anda hanya memiliki koneksi 4G, di mana sebelumnya Anda tidak dapat melakukannya.

 

Penerapan 4G di Indonesia

1. Sitra WiMAX

Sitra WiMAX merupakan operator 4G pertama berbasis WiMAX yang meluncurkan layanan 4G Wireless Broadband di Indonesia pada bulan Juni 2010. Sitra WiMAX adalah bagian dari Lippo Group dan merek dagang terbaru dari PT. Firstmedia Tbk. Sitra WiMAX akan melayani 4G Wireless Broadband pertama di Indonesia di daerah terpadat dan sekaligus memiliki hak izin BWA termahal yaitu di coverage Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Provinsi Banten, Sumatra Utara, dan Provinsi NAD.

 

2. Telkomsel 4G LTE

Selama konferensi APEC pada tanggal 1–8 Oktober 2013 di Bali, Telkomsel melakukan percobaan jaringan 4G LTE. Jaringan Telkomsel 4G LTE dioperasikan pada frekuensi 1800 MHz. Sebagai bagian dari program, simcard bermerek simPATI LTE Trial Edition dijual di lokasi tersebut. Sekarang, Telkomsel 4G LTE telah melebarkan sayapnya di Jakarta dan seluruh indonesia. Pelanggan dapat menukarkan kartu lamanya dengan kartu uSIM baru tanpa harus berganti nomor.

 

3. Indosat Super 4G-LTE

Advertisements

Indosat melakukan ujicoba terhadap jaringan 4G LTE di daerah sekitar Monumen Nasional, Jakarta Pusat pada 20 November 2014 dengan menggunakan media BTS di atas Gedung Indosat. Kecepatan internet Indosat Super 4G-LTE diklaim dapat mencapai 185 Mbps download dan 41 Mbps upload. SIM Card Indosat Super 4G-LTE disediakan di sekitar area Monumen Nasional. Ujicoba ini dilakukan bersamaan dengan Ulang tahun Indosat yang ke 47. Setelah diujicoba, Indosat akan melebarkan sayap 4G LTE di 23 kota lainnya.

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.