Rumus – Rumus Microsoft Excel yang Wajib Diketahui

Hai sahabat nguprek, selamat malam. Pada pertemuan kali ini aku akan membahas tentang rumus dasar microsoft excel.
Sudah tau kan Microsoft Excel itu apa? Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi spreadsheet yang telah dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan iOS. Di dalam Microsoft Excel terdapat banyak berbagai macam fitur yang bisa digunakan seperti grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya.

Baca juga Membedakan Shared Hosting dan Dedicated Hosting

Di dalam microsoft excel ini terdapat banyak sekali rumus yang memudahkan kalian untuk membantu pekerjaan kalian. Dengan memakai rumus-rumus microsoft excel, pekerjaan yang biasa kalian lakukan secara manual akan lebih termudahkan. Rumus-rumus pada microsoft excel dapat digunakan untuk mendapatkan jumlah, rata-rata, perhitungan nilai maksimum dan nilai minimum dan kalkulasi lain sebagainya pada berbagai sel atau range. Dari banyaknya rumus atau fungsi tersebut, aku akan membahas dasarnya saja , antara lain average, count, sum, min, max dan if. Langsung saja masuk ke pembahasan, yuk disimak.

1. Average
Di dalam Microsoft Excel terdapat fungsi average. Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari range. Syntax yang digunakan dalam menggunakan fungsi ini adalah :
=AVERAGE(sel_awal:sel_akhir)
Contoh :


Pada gambar di atas, ketika kalian mengisi nilai rata-rata dari kolom C3 hingga C6, maka anda bisa menggunakan rumus =AVERAGE(C3:C6) dan akhiri dengan tombol Enter, maka anda akan mendapatkan hasilnya seperti pada gambar tersebut.

2. Count
Fungsi COUNT digunakan untuk menghitung berapa banyak data yang berupa angka pada sekumpulan cell atau range tertentu. Dengan demikian, data yang bukan berupa angka tidak akan dihitung oleh fungsi count ini.
Syntax yang digunakan adalah =COUNT(value1,[value2],..)
Contoh:


Disini kita akan menghitung berapa banyaknya data berupa angka yang terdapat pada cell D3 sampai D7. rumus yang digunakan =count(D3:D7) lalu enter
hasilnya adalah 3 karena hanya ada 3 data angka pada cell D3:D7 yaitu 2,3, dan 5

3. Counta
Fungsi COUNTA digunakan untuk menghitung seluruh data baik berupa angka maupun bukan angka yang terdapat pada cell tertentu.
Syntax yang digunakan adalah =COUNTA(value1,[value2],..)
Contoh : Menghitung data baik angka maupun bukan pada cell D3 sampai D8,


rumus COUNTA yang digunkan adalah =COUNTA(D3:D8)
hasilnya adalah 6 karena jika cell kosong tidak dihitung

4. Countif
Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah data pada sekumpulan cell atau range yang memiliki satu kriteria tertentu. Syntax yang digunakan adalah =COUNTIF(range; “criteria”)
Contoh : Menghitung banyak pisang pada cell D3 sampai D9.


Rumus countif yang digunakan adalah =COUNTIF(D3:D9;”Pisang”)
Hasilnya adalah 3 karena ada 3 buah pisang dari cell D3 sampai D9
Contoh : Menghitung jumlah siswa yang mendapat nilai di bawah 75.


rumus countifnya adalah =COUNTIF(E4:E9;”<75")
Rumus tersebut akan menghasilkan nilai 3 karena ada 3 siswa yang mendapatkan nilai di bawah 75 yaitu Andi, Yuli, dan Anggi.

5. Countifs
Fungsi dari COUNTIFS adalah untuk menghitung jumlah data pada sekumpulan cell / range yang memiliki kriteria lebih dari satu. syntax yang digunakan adalah =COUNTIFS(range1;"criteria1";range2;"criteria2"…)
contoh: Menghitung Siswa Perempuan yang Tingginya lebih dari 145 cm


Kriteria 1 : Siswa Perempuan
Kriteria 2 : Tinggi lebih dari 145 cm
Rumus COUNTIFS yang digunakan adalah =COUNTIFS ()
Hasilnya adalah 2 karena ada 2 siswa perempuan yang tingginya lebih dari 145 cm

6. Min
Microsoft Excel memiliki rumus min yang fungsinya digunakan untuk menentukan nilai manakah yang paling kecil atau paling rendah dalam sekumpulan data numerik pada sheet excel. Syntax yang dipakai untuk rumus min adalah :
=MIN(sel_awal:sel_akhir)
*sel awal, sel akhir adalah kumpulan data yang akan dicari nilai terkecil nya
Contoh :


Pada gambar tersebut, aku ingin menentukan nilai terendah dari C3 sampai C6 maka rumusnya adalah =MIN(C3:C6) kemudian tekan Enter maka hasil nilai terendah akan didapatkan.

7. Max
Selain terdapat fungsi min, dala microsoft excel juga ada fungsi Max. Seperti namanya, fungsi max ini digunakan untuk menentukan nilai manakah yang paling tinggi atau terbesar. Syntax yang dipakai untuk fungsi max adalah :
=MAX(sel_awal:sel_akhir)
*sel awal, sel akhir adalah kumpulan data yang akan dicari nilai terbesar nya
Contoh :


Pada gambar di atas, aku ingin mencari nilai paling besar dari C3 sampai C6 maka rumusnya adalah =MAX(C3:C6) lalu tekan Enter maka hasil nilai terbesar akan didapatkan.

8. Sum
Fungsi sum pada microsoft excel digunakan untuk menjumlah sekumpulan data pada sheet excel. Syntax yang dipakai untuk fungsi sum adalah :
=SUM(sel_awal:sel_akhir)
**sel awal, sel akhir adalah kumpulan data yang akan dijumlahkan
Contoh :


aku akan menjumlahkan data dari C3 sampai dengan C6 maka rumusnya adalah =SUM(C3:C6) lalu tekan Enter maka hasil dari penjumlahan akan didapatkan.

9. Single IF
Fungsi IF akan mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya jika kondisi yang dicek SALAH. Fungsi IF adalah salah satu rumus excel yang paling sering digunakan. Syntax yang digunakan adalah :
=IF(suatu_kondisi;”nilai_benar”;”nilai_salah”)
Contoh Penggunaan :

10. Vlookup
Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num) atau bisa juga dibaca =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom).
Contoh : Diketahui pada tabel pertama, merupakan table_array yang berisi peraturan suatu perusahaan rokok kepada salesnya dengan range referensi yang telah urut dari kecil ke besar. Akan dihitung bonus penjualan dan penghargaan yang didapatkan sales-salesnya dalam sebulan pada tabel kedua adalah sebagai berikut.

Langkah-langkah :
-Membuat nama range dari table_array A3:C9, misalnya dengan nama “penjualan”
-Untuk bonus digunakan index kolom 2
=VLOOKUP(B12,sales,2,TRUE)
-Untuk penghargaan digunakan indek kolom 3
=VLOOKUP(B12,sales,3,FALSE)
-Melakukan Autofill



Oke, cukup sekian pembahasan pada kali ini. Semoga bermanfaat ya teman-teman ^_^

Baca juga Pengertian Load Balancing