Software Yang Sering Digunakan Anak Jurusan TKJ

Pada artikel kali ini, saya akan membahas software apa saja yang sering digunakan oleh anak TKJ (Teknik Komputer Jaringan). Dalam TKJ kita mengenal banyak hal yang tidak terlepas dari komputer dan jaringan, dan tentunya kita memerlukan software atau aplikasi untuk membantu pekerjaan kita. Berikut adalah software yang sering digunakan oleh anak TKJ.

Advertisements
  1. Cisco Packet Tracer
    Cisco Packet Tracer adalah software keluaran Cisco yang memungkinkan pengguna untuk membuat simulasi topologi jaringan komputer. Packet Tracer memungkinkan pengguna untuk membuat simulasi jaringan topologi dengan menyeret dan menjatuhkan router, switch dan berbagai jenis lain dari perangkat jaringan. Koneksi fisik antar perangkat dihubungkan oleh “kabel”. Packet Tracer mendukung sebuah array dari simulasi Aplikasi protokol Lapisan, serta dasar routing dengan RIP, OSPF, EIGRP, BDP, dan BGP yang diperlukan oleh arus CCNA kurikulum. Cisco Packet Tracer memiliki fitur – fitur yang lengkap dan memudahkan kita dalam merancang jaringan, sehingga kita tidak perlu menggambar secara manual. Jika kalian suka merancang jaringan, maka Packet Tracer ini sangat cocok bagi kalian untuk digunakan.
  2. Virtual Box
    Virtual Box adalah software keluaran Oracle yang software visualisasi yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi “tambahan” di dalam sistem operasi “utama”. Contohnya dalam komputer seseorang dipasang sistem operasi Windows, seseorang itu juga dapat menjalankan sistem operasi lain (linux, debian, dll) yang diinginkan di dalam sistem operasi Windows.
    Saat ini, VirtualBox sudah support pada OS Windows, Linux, Macintosh, dan mendukung sebagian besar sistem operasi terbaru. Aplikasi ini dilengkapi dengan interface yang intuitif yang memungkinkan user untuk menambahkan mesin virtual yang baru dan memilih OS yang kalian inginkan. Software ini sangat bermanfaat, bagi orang awam metode virtualisasi dapat dimanfaatkan untuk belajar menginstall sistem operasi tanpa perlu mengubah isi partisi harddisk. Selain itu, dengan bantuan Virtual Box kita dapat mencoba sistem operasi tanpa perlu menginstallnya secara permanent kedalam hardisk.
  3. Winbox
    Winbox sangat penting bagi anak TKJ. Winbox merupakan software yang dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi terhadap Mikrotik RouterOS dengan tampilan GUI. Winbox dapat digunakan pada Linux, MacOs dan Windows. Selain menggunakan Winbox untuk konfigurasi, kalian juga dapat menggunakan Webbox, sistem konfigurasi Mikrotik RouterOS yang berbasis web.
  4. GNS(Graphic Network Simulator)3
    GNS3 adalah software simulator jaringan berbasis GU. Dengan bantuan GNS3, kita dapat mensimulasikan perangkat asli baik dengan bantuan emulator ataupun teknologi virtualisasi. GNS3 bersifat free, dan open source. GNS3 memiliki fitur yang hampir tak terbatas. Ketika belajar CCNA, kita bisa memanfaatkan cisco packet tracer. Tapi biasanya akan menghadapi kesulitan jika melanjut ke track lebih tinggi seperti CCNP atau CCIE. Kalau soal urusan router cisco, bisa kita pelajari menggunakan GNS3.
  5. XAMPP
    XAMPP adalah software mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (yang artinya dapat berjalan di 4 sistem operasi, Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Apache merupakan aplikasi web server. MySQL, merupakan aplikasi database server. PHP, bahasa pemrograman web. Perl, bahasa pemrograman untuk segala keperluan.
  6. PuTTY
    PuTTY merupakan program open source yang dapat digunakan untuk melakukan protokol jaringan SSH, Telnet dan Rlogin. Protokol ini dapat digunakan untuk menjalankan sesi remote pada sebuah komputer dalam sebuah jaringan. Program ini banyak digunakan oleh para pengguna komputer tingkat menengah ke atas, yang biasanya digunakan untuk menyambungkan, mensimulasi, atau mencoba berbagai hal yang terkait dengan jaringan.
  7. WinSCP
    WinSCP adalah sebuah software SSH Client berbasis OS Windows yang bersifat open source. WinSCP berfungsi untuk transfer file antara windows dengan linux. WinsSCP ini juga termasuk aplikasi SFTP Client, SCP client dan FTP Client.

Source :
https://id.wikipedia.org/wiki/Cisco_Packet_Tracer
https://id.wikipedia.org/wiki/VirtualBox
https://ngonfig.net/gns3.html
https://id.wikipedia.org/wiki/XAMPP
http://friends-22.blogspot.com/2015/11/pengertian-putty-dan-kegunaanya.html