Strategi Pemasaran dengan Instagram

Pemasaran Instagram

Meskipun menjadi salah satu situs media sosial “muda”, Instagram telah menjadi salah satu platform paling populer. Dengan jutaan pengguna aktif, di antara mereka beberapa merek dan kepribadian paling populer, itu telah menjadi alat pemasaran yang dapat menjadi viral dengan strategi yang tepat.

Setelah diintegrasikan ke dalam Facebook, Instagram menjadi jauh lebih besar, yang membuat banyak merek besar memperhatikan potensinya untuk menarik minat audiens. Dampak dan pentingnya Instagram sebagai alat pemasaran telah dinyatakan dengan baik, dan ada sejumlah cara yang baik untuk membuatnya berfungsi dengan merek Anda. Berikut adalah beberapa strategi paling efektif yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan akun Instagram merek Anda.

Manfaatkan Cerita Instagram

Sebuah fitur yang memungkinkan pengguna memposting foto dan video pendek yang berlangsung selama 24 jam, Cerita Instagram kini telah menjadi fitur yang paling banyak digunakan di platform. Ini membantu menjaga pengguna diperbarui pada peristiwa dan kejadian terkini dari sesama pengguna mereka. Untuk pemasar digital, ini adalah alat yang ampuh yang dapat digunakan untuk membantu mempromosikan merek mereka menggunakan platform.

Edisi terbaru dari kisah-kisah Instagram telah menambahkan fitur seperti jajak pendapat, video langsung, GIF, fitur “gesek”, dan lebih banyak opsi filter yang memungkinkan lebih banyak kreativitas. Banyak merek telah memperhatikan fitur luar biasa ini dan menggunakannya untuk mempromosikan hal-hal seperti acara mendatang dan saat ini, produk baru, atau pengumuman penting.

Ada banyak contoh merek yang menggunakan cerita sebagai bagian dari strategi pemasaran digital mereka, seperti Papa John dan PlayStation

Seperti yang Anda lihat dari dua contoh, mereka menggunakan cerita Instagram mereka untuk pengumuman seperti kode diskon dan rilis video game. Salah satu hal terbaik tentang menggunakan Cerita Instagram adalah kenyataan bahwa postingan ini kedaluwarsa setelah 24 jam, yang berarti bahwa ada sedikit kekacauan dan memanfaatkan posting reguler pada hal-hal yang berbeda.

Hal hebat lainnya tentang Cerita Instagram adalah kemampuan bagi pengguna untuk mengirim pesan mereka, dan opsi untuk menggeser ke atas untuk mengakses halaman tertentu. Kemudahan mengirim pesan secara langsung memungkinkan merek Anda dapat menanggapi berbagai pertanyaan segera setelah berita Anda diposting. Opsi “Geser ke atas” memungkinkan pengguna untuk mengunjungi halaman web yang berbeda, yang merupakan cara terbaik untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web utama Anda

Secara keseluruhan, menggunakan Cerita Instagram adalah cara yang efektif untuk memasarkan merek Anda secara online, dan meningkatkan keterlibatan dan lalu lintas audiens.

Video Langsung Instagram

Jumlah platform streaming video langsung telah meningkat selama bertahun-tahun, dengan orang-orang seperti Facebook, YouTube, dan Twitter semuanya menawarkan layanan video langsung kepada pengguna mereka. Tidak mau kalah, Instagram memiliki Live di Instagram, yang memungkinkan Anda untuk streaming video langsung dari akun Anda.

Memulai video langsung semudah membuat cerita, yang Anda butuhkan hanyalah koneksi jaringan yang stabil, dan kemudian Anda siap setelah menekan sebuah tombol.

Saat memulai, Instagram akan memberi tahu pengikut akun Anda, yang membantu meningkatkan jumlah pemirsa yang dapat berinteraksi dengan Anda, yang juga dapat membantu dalam menyebarkan berita ke sesama pengguna. Video langsung dapat digunakan dalam berbagai acara seperti konferensi pers, pengumuman, dan bahkan konser. Meskipun desainnya sederhana, Live on Instagram memungkinkan Anda memulai video langsung dalam sekejap.

Optimalkan Hashtags

Seperti Twitter, Instagram menggunakan tagar, yang merupakan cara bagi pengguna untuk mencari konten yang mereka minati. Ketika berbicara tentang jumlah tagar dalam satu posting, yang terbaik adalah memilih tagar terbaik yang akan membuat Anda konten lebih mudah dicari.

Pastikan bahwa tagar terkait dengan konten yang akan Anda posting, karena Anda akan dapat mencapai target pasar ideal Anda, yang menghasilkan lebih banyak interaksi dan lalu lintas. Ingat, semakin fokus tagar Anda, semakin baik.

Optimalkan Bio Anda

Kesan pertama selalu diperhitungkan dan memiliki yang baik selalu menjadi pertanda baik bagi banyak merek dan orang. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memastikan bahwa bio Instagram Anda mewakili apa merek Anda. Anda dapat memberikan deskripsi singkat tentang produk dan layanan Anda yang membantu audiens Anda tahu apa yang Anda tawarkan.

Beberapa akun mengubah deskripsi mereka untuk berbagai pengumuman, yang merupakan satu cara pengguna diberi informasi atau mengakses lebih banyak konten di luar akun itu sendiri. Metode apa pun yang Anda pilih, yang terbaik adalah tetap ringkas namun bermanfaat.

Optimalisasi Lokal

Lokasi adalah cara lain bagi pengguna untuk menemukan lebih banyak konten di Instagram, dan yang terbaik adalah memanfaatkannya. Menerapkan tag lokasi akan membantu memberi tahu pengguna Anda di mana toko atau kantor merek Anda berada, atau di mana ada peristiwa penting. Ada merek di Instagram yang menawarkan produk dan layanan berkualitas tetapi tidak mendapatkan konversi tinggi hanya karena pengguna tidak tahu di mana pendirian mereka.

Mirip dengan praktik SEO lokal, yang terbaik adalah memasukkan lokasi merek Anda untuk meningkatkan kemudahan penelusuran. Perlu juga dicatat bahwa mengklik lokasi tidak hanya memungkinkan pengguna untuk melihat konten dari lokasi itu tetapi juga menghubungkan Anda ke Google Maps, yang memungkinkan Anda untuk mengetahui arah menuju ke sana. Untuk perusahaan, ini adalah fitur yang bermanfaat dan berguna yang akan membantu lebih banyak orang mendatangi Anda.

 Key Takeaway

Advertisements

Instagram telah menjadi platform media sosial yang kuat yang dapat digunakan untuk pemasaran digital dan manajemen media sosial. Dengan strategi yang tepat, Anda dapat membuat konten viral dan traffic tinggi yang akan menghasilkan lebih banyak konversi dan interaksi. Dengan strategi ini, Anda akan dapat memanfaatkan sepenuhnya akun Instagram Anda dan membuat konten yang bisa menjadi viral.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.