Teknologi dan Perangkat WAN

Teknologi dan Perangkat WAN
  • Pengertian WAN

Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki area dan jarak yang sangat luas, WAN beradius dapat mencakup sebuah negara bahkan benua.

  • Jenis-Jenis WAN
  1. Leased Line

Leased Line merupakan jenis WAN yang tidak memerlukan proses call setup untuk memulai pengiriman data tatapi dilakukan dengan Synchronous serial. Jenis Wan ini juga sering disebut dengan koneksi dedicated point to point.

2. Circuit Switching

Jenis WAN ini terlebih dahulu akan melakukan call setup untuk membentuk koneksi yang bertujuan agar dapat memulai pengiriman data.

3. Packet Swtching

Packet Switching adalah pengembangan dari koneksi Lased Line yang memiliki mekanisme menghubungkan secara Synchronous Serial.

  • Teknologi WAN

Wide Area Network (WAN) digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan yang secara fisik tidak saling berdekatan /terpisah antar kota, provinsi, negara dan juga benua. Saat ini teknologi WAN di sediakan oleh banyak operator penyedia layanan (ISP). Teknologi WAN mendefinisikan koneksi antar perangkat yang terpisah ileh area yang luas dan menngunakan media trannsmisi, perangkat, protokol yang berbeda. Data tranfer rate pada komunikasi WAN jauh lebih lambat dibandingan dengan jaringan local atau kabel jaringan.

Menurut definisi Teknologi WAN digunakan untuk:

  1. Mengoperasikan jarinan area dengan batas geography yang luas.
  2. memungkinkan akses melalui inteface serial yang beroperasi pada kecepatan rendah.
  3. memberika koneksi secara full-time dan part-time.
  4. menghubungkan perangkat yang terpisah melewati area global yang sangat luas.
  • Layanan-layanan WAN
  1. PSTN : Teknologi WAN yang menggunkan jaringan Circuit Switched yang berbasi dial-up atau leased line menggunakan line telepon.
  2. Leased line : Teknologi WAN yang menggunakan koneksi permanen antar perangkat dan memberi koneksi kualitas line konstan.
  3. X.25 : teknologi paket switching melalui PSTN.X.25 yang dibangun berdasarkan physical dan Data link pada model OSI.
  4. Frame relay : Teknologi WAN dalam packet Switching dimana komunikasi WAN melalui line digital yang berkualitas tinggi.
  5. ISDN (Intreated Service Digital Network) : mendifinisikan standart dalam menggunakan line telepon analog unutk transmisi data baik analog maupun digital.
  6. ATM (Asynchronous Transfer Mode) : koneksi WAN yang berkecepatan tinggi dengan menggunakan teknlogi packet switching dengan speed sampai 155 Mbps bahkan sampai 622 Mbps.

Perangkat Teknologi WAN

  1. Antena Grid

Antena Grid digunakan untuk memeperkuat sinyal dan mengarahkan sinyal wireless untuk melakukan konesi point to point atau to multipoint. Antena ini berfungsi menerima dan mengirim signal data dengan sistem gelombang raido 2,4 Mhz.

2. Access point

perangkat ini berguna untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless atau nirkabel.

3. Kabel Pigtail

Kabel ini untuk menghubungkan antena grid dengan Access Point.

4. Kabel UTP

Kabel UTP berfungsi untuk menghubungkan access point dengan komputer.

5. PC

Advertisements

PC digunakan untuk sebagai server dan client dalam jaringan.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.