Mengenal Tentang DNS (Domain Name System) Server

Tentang DNS
  • Pengertian DNS(Domain Name System)

Domain Name System(DNS) adalah sebuah standart teknologi yang mengatur penamaan public dari sebuah situs website atau bisa juga disebut dengan system yang menyimpan informasi nama domain internet atau nama host. Adanya DNS dapat memudahkan orang dalam menulis domain sebuah situs di web browser tanpa harus menuliskan ip address dari situs web tersebut yang secara otomatis akan menemukan ip address domain tersebut di internet. Keyword dari DNS adalah seluruh server yang ada di dunia.

  • Fungsi DNS (Domain Name System)

Fungsi DNS adalah menerjemahakan IP address menjadi hostname atau bisa juga menerjemahkan hostname menjadi IP address. DNS memberikan kemudahan bagi para pengguna agar tidak susah payah menulis ip address situs web dan mempermudah pengguna dalam mengingat nama hostname sebuah website.

  • Pengertian DNS(Domain Name System) Server

DNS dan DNS server adalah hal yang berbeda. DNS server adalah server/komputer yang terhubung ke DNS(Domain Name Server). DNS server memiliki tugas untuk menjalankan dan mengatur software networking khusus yang memetakan alamat ip yang berisi database hostname dan nama network.

  • komponen pengelola DNS

Sebelum mengetahui cara kerja DNS server kalian harus mengetahui 3 komponen pengelola DNS, yaitu:

  1. DNS resolver : sebuah client/komputer pengguna yang membuat permintaan DNS.
  2. Recursive DNS server : Pihak yang melakukan pencarian untuk memenuhi permintaan dan memberikan jawaban kepada resolver.
  3. Authoritative DNS server : Pihak yang memberi respon dan menjawab pencarian dari Recursive
  • Cara kerja DNS server

Pertama DNS resolver melakukan pencarian alamat host pada file HOSTS dan jika yang di cari resolver sudah ditemukan maka proses selesai. Jika nama domain yang di cari tidak di temukan maka pencarian dilakukan dengan melihat file database(zones) milik server. Apabila masih tidak di temukan lagi maka pencarian di lakukan dengan menghubungi server DNS lain yang masih terkait dan jika sudah di temukan maka di simpan di cache dan hasilnya di berikan ke client.

Advertisements

Demikian artikel yang saya buat mengenai DNS(Domain Name Server) dan semoga bermanfaat. Thanks 🙂

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.