Tentang Web Server

Tentang Web Server

Zaman sekarang ini kita berada di era digital, internet menjadi sebuah kebutuhan primer yang wajib di penuhi oleh semua orang. Setiap kali pengguna melalukan browsing mereka akan membutuhkan browser yang di gunakan untuk menjelajahi internet. Sebenarnya browser yang di gunakan itu memiliki peran sebagai client yang mengirimkan permintaan dan menerima balasan dari web server. Namun tahukah anda, apa yang di maksud dengan web server?

  • Pengertian Web Server

Web Server adalah sebuah software yang memberikan layanan atau service kepada client untuk menerima request HTTP dan HTTPS. Client yang dimaksud di web server adalah  web browser, misalnya : Internet Explorer, Google Chrome, mozilla Firefox dll. balasan web server terhadap client yaitu mengirimkan beberapa bentuk halaman web sesuai permintaan client yang secara umum berbentuk dokumen HTML.

  • Fungsi Web Server

Fungsi web server adalah memproses file-file yang di minta client dan memberikan balasan berupa halaman website yang terdiri dari teks, gambar, video, dokumen dan sebagainya. Seperti halnya jika anda mengakses suatu website kemudian anda melakukan sebuah permintaan dan web server akan membalas permintaan anda dengan file atau data yang tersimpan di storage atau database website tersebut.

  • Cara Kerja Web Server

Web server memiliki peran sebagai server dan browser memiliki peran sebagai Client. Jika seseorang ingin browsing kemudian memasukan nama alamat website melalui browser maka selanjutnya browser akan mengirimkan permintaan kepada web server. Jika permintaan yang di minta adalah sebuah document maka web server akan membalas permintaan browser sesuai yang di minta.

  • Contoh Web Server

Setelah mengetahui tentang websever, Kini kita akan membahas tentang contoh-contoh web server yang yang paling umum dan terkenal dan berikut diantaranya :

  1. Apache

Apache adalah salah satu web server yang termasuk dalam kategori freeware. Apache memiliki proses instalasi yang relatif mudah dan dapat pula beroperasi di bebagai sistem operasi. pengaturan konfigurasinya hanya dengan empat file konfigurasi dan mudah dalam menambahkan peripheral lain ke dalam platform web severnya.

2. Nginx

Nginx merupakan salah satu web server open source. Nginx memiliki beberapa kelebihan seperti Arsitektur Event-Based dan performanya juga cukup luar biasa serta memiliki fitur yang kebanyakan orang cari seperti static file serving, virtual hosts, reverse proxyibg, URL dll.

3.IIS (Internet Information Services)

IIS merupakan salah satu web server yang di gunakan di Windows, terutama Windows  2000 dan 2003. Web server IIS memiliki kelebihan bisa mendukung platform .NET yang hanya bisa di lakukan oleh IIS. Namun IIS merupakan server prabayar.

4. Lighttpd

Lighttpd merupakan salah satu web server yang berjalan di Linux dan keluarga Linux. Web server ni memiliki kelebihan kemampuanya dalam mengatur CPU load dengan efektif dan beberapa fitur advance seperti FastCGi, Output-Compression dan URL-Writing.

Advertisements

Demikian yang saya sampaikan mengenai web server dan contoh-contohnya. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat di bidang web server dan bisa membangun web profesional. Thanks

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.