Tips: 15 Cara Mengoptimalkan Instagram

Tips: 15 Cara Mengoptimalkan Instagram

Instagram menjadi salah satu media sosial populer. Tak hanya berbagi foto pengguna bisa berbagi cerita bahkan hingga berjualan. Beriku beberapa tips mengelola Instagram yang diambil dari Entrepreneur.

  1. Pilih akun Bisnis Instagram.

Lebih dari 25 juta bisnis sudah menggunakan akun Instagram Business untuk mengakses alat analisis dan promosi yang bermanfaat. Tidak seperti akun pribadi, akun Bisnis menyediakan analitik yang terkait dengan kinerja posting dan pertumbuhan pengikut. Pengguna bisnis memiliki lokasi kantor dan jam di bagian yang terpisah dari bio Instagram tradisional.

Karena 80 persen pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu merek, Instagram memungkinkan akun Bisnis untuk memasukkan tombol kontak yang mengirim pesan melalui pesan langsung Instagram, email atau SMS ke perwakilan merek. Ini membuat dukungan pelanggan media sosial jauh lebih mudah dari sebelumnya.

Terakhir namun tidak kalah pentingnya, akun Bisnis dapat “meningkatkan” konten hanya dengan beberapa ketukan. Promosi berbayar yang relatif murah ini memastikan Anda menjangkau audiens yang lebih luas, apa pun pos yang Anda pilih untuk dorong.

Sederhananya, akun Bisnis Instagram memberi pemasar media sosial fleksibilitas yang lebih besar dalam hal menciptakan kehadiran media sosial yang efektif di Instagram. Mungkin yang terbaik, akun Instagram yang ada dapat dengan mudah beralih ke akun Bisnis hanya dengan beberapa ketukan.

  1. Gunakan tautan pelacakan profil.

Mengingat bahwa Instagram memungkinkan pemasar media sosial hanya membagikan satu URL langsung di seluruh platform, tautan dalam profil akun sangat penting.

Namun, banyak pemasar masih melakukan kesalahan dengan menggunakan tautan non-pelacakan di profil akun Instagram mereka. Jika tautan tidak dapat dilacak, tidak mungkin untuk mengetahui berapa banyak pengunjung situs web atau pelanggan yang dirujuk dari Instagram.

Menggunakan platform analitik Instagram atau pembuat URL khusus seperti Bit.ly, pemasar dapat melihat bagaimana pengguna Instagram terlibat dengan tautan di bio.

  1. Unggah gambar multi-grid untuk membuat pernyataan.

Pemasar Instagram harus merancang profil yang membuat pernyataan. Tidak ada cara yang lebih baik untuk melakukan ini selain dengan membuat kolase multi-grid yang membentuk gambar yang dapat dipahami. Merek seperti Rolls-Royce mengandalkan teknik ini untuk berbagi gambar besar yang mungkin tidak terlihat benar saat dipotong agar pas dalam satu posting.

Yang terbaik dari semuanya, ketika merek mengunggah serangkaian gambar yang tidak dapat dipahami, itu dapat menyebabkan pengikut menjadi ingin tahu. Banyak yang akan memilih untuk mengunjungi profil Instagram Anda untuk melihat gambar lengkapnya sendiri.

Dalam contoh ini, Rolls Royce mengunggah sembilan gambar yang bersama-sama menampilkan profil depan model yang baru dirilis.

  1. Investasikan dalam solusi analitik Instagram yang kuat.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah strategi Instagram Anda berfungsi adalah jika Anda memiliki analitik untuk membuktikannya. Sementara akun Bisnis Instagram memang menawarkan beberapa informasi dasar tentang kinerja, platform analitik pihak ketiga menyediakan banyak informasi yang tidak dapat diakses.

Dari menghitung kinerja tautan pelacakan di bio Instagram Anda hingga menentukan posting mana yang paling beresonansi di antara pengikut hingga menentukan waktu ideal untuk memposting konten baru, alat analisis pihak ketiga sangat penting untuk mengoptimalkan profil dan strategi Instagram Anda.

  1. A / B uji bio Instagram Anda.

Terkadang sulit untuk mengetahui apakah bio Instagram Anda melayani tujuan pemasaran media sosial Anda. Cara terbaik untuk memahami apakah bio Anda efektif adalah melalui tes A / B. Untuk memulai, Anda harus terlebih dahulu memilih variabel dependen yang dapat diukur. Salah satu variabel dependen yang populer adalah melacak klik URL tautan.

Selanjutnya, buat berbagai profil Instagram yang sangat berbeda dan putar secara merata untuk memastikan bahwa setiap bio ditampilkan dengan jumlah pengikut yang kurang lebih sama untuk jumlah waktu yang kira-kira sama.

Terakhir, lihat data kinerja URL untuk menentukan profil mana yang paling efektif dalam menghasilkan klik URL.

  1. Fokus pada kualitas pengikut daripada kuantitas.

Banyak pemasar Instagram berpikir bahwa memiliki banyak pengikut penting untuk membuat profil Instagram yang sepenuhnya dioptimalkan. Lagi pula, semakin banyak pengikut suatu merek semakin kredibel yang sering muncul. Tetapi sekilas melihat profil Instagram yang dimiliki oleh beberapa perusahaan terbesar di dunia menunjukkan bahwa kualitas pengikut lebih penting daripada kuantitas. Ada banyak sekali profil Instagram “clickbait” dengan ratusan ribu, jika bukan jutaan, pengikut.

Profil ini memiliki lebih banyak pengikut daripada, katakanlah, 42.000 yang dapat diklaim oleh Salesforce, sebuah perusahaan dengan kapitalisasi pasar $ 74 miliar. Namun, meskipun jumlah pengikut mereka lebih rendah, tidak ada orang waras yang akan berpikir bahwa Salesforce adalah perusahaan yang ringan.

Pemasar media sosial harus fokus pada pengembangan strategi yang melibatkan audiens target daripada meningkatkan jumlah pengikut hanya untuk memproyeksikan suasana kredibilitas.

  1. Buat kalender konten yang bijaksana.

Tidak seperti platform media sosial lainnya, konten Instagram tidak benar-benar terkubur di profil seseorang. Sebagai gantinya, relatif mudah untuk melihat setiap postingan berbulan-bulan, jika tidak bertahun-tahun. Pemasar harus memperhatikan hal ini dan harus mengembangkan urutan konten Instagram yang kohesif untuk membuat profil yang mengedepankan narasi merek yang dapat dipahami.

  1. Aktifkan pemberitahuan Instagram.

Pastikan Anda dan tim Anda berada dalam posisi untuk merespons audiens target Anda pada saat yang bersamaan dengan menyalakan notifikasi Instagram. Menunjukkan kepada pengguna Instagram bahwa merek Anda selalu tersedia adalah cara yang bagus untuk membangun sentimen merek dan meningkatkan keterlibatan.

  1. Pilih pegangan yang tepat.

Dengan asumsi Anda belum membuat profil Instagram Anda, luangkan waktu untuk menemukan pegangan Instagram yang ideal. Menggunakan pegangan yang on-brand adalah cara terbaik untuk dengan cepat membangun pengikut yang loyal. Jika pegangan yang Anda inginkan diambil, ada kemungkinan untuk membayar pemilik pegangan untuk mengambilnya.

  1. Tetapkan seseorang untuk memonitor saluran pesan.

Banyak konsumen berharap untuk menerima dukungan pelanggan hampir instan di berbagai platform media sosial. Selain itu, rata-rata orang akan berbagi kisah pengalaman layanan pelanggan yang negatif dengan 16 orang teman mereka.

Semakin populernya Instagram, semakin penting bagi merek-merek dari semua ukuran untuk menyediakan pengguna dengan dukungan pelanggan yang memuaskan. Dan karena akun Instagram Business memberikan kepada pemirsa profil kemampuan untuk menghubungi merek dengan satu sentuhan tombol, permintaan layanan pelanggan dapat dengan mudah datang kapan saja.

Mengingat kenyataan ini, pemasar media sosial harus mempertimbangkan menugaskan seseorang untuk memantau pesan Instagram yang masuk selama jam kerja.

  1. Perbarui gambar profil Instagram Anda agar sesuai dengan kampanye saat ini.

Sebagian besar pemasar Instagram tidak berpikir untuk memperbarui profil Instagram mereka, tetapi hal itu bisa menjadi cara yang bagus untuk menjaga profil tetap segar dan relevan. Menambahkan variasi logo atau desain khusus untuk kampanye pemasaran dapat mendorong pengikut untuk memeriksa profil Anda lebih sering daripada yang seharusnya.

  1. Hasilkan tanda centang biru untuk meningkatkan kredibilitas.

Mirip dengan Twitter, Instagram menawarkan kemampuan merek mapan untuk menerima status akun terverifikasi yang ditandai dengan tanda centang biru. Tanda centang ini akan memberikan ketenangan pikiran pada pengikut Instagram, karena mereka yakin bahwa akun Anda mewakili suara resmi organisasi Anda.

Meskipun Instagram tidak menyediakan cara yang umum kepada publik untuk mengirimkan permintaan verifikasi, Mashable melaporkan bahwa ada cara untuk mendapatkan akun Instagram yang diverifikasi melalui cara yang lebih kreatif.

  1. Tinjau profil Instagram Anda di seluruh perangkat.

Instagram, seperti Facebook, adalah perusahaan mobile-first. Sebelum ada versi desktop atau tablet dari aplikasi Instagram, ada iPhone dan versi Android dari platform.

Pemasar Instagram harus meninjau profil perusahaan mereka pada berbagai perangkat untuk memastikan bahwa pengalamannya positif dan konsisten di semua perangkat.

  1. Pastikan Anda menautkan ke situs web yang dioptimalkan untuk seluler.

Bagi mereka yang tertarik dalam mengarahkan lalu lintas situs web dari profil Instagram ke halaman web perusahaan, pastikan bahwa seluruh situs web perusahaan dioptimalkan untuk seluler. Sebagian besar pengguna Instagram akan mengakses halaman Anda dari perangkat seluler, dan memberikan kesan pertama yang buruk dapat merusak peluang Anda memelihara pengunjung untuk menjadi pelanggan setia.

Selain memberikan pengalaman yang dioptimalkan untuk seluler, kecepatan halaman juga harus kilat pada semua perangkat. Satu studi menemukan bahwa situs seluler yang membutuhkan waktu 3 detik atau lebih lama kehilangan lebih dari 50 persen pengunjung.

  1. Tambahkan emoji untuk bersenang-senang.

Instagram adalah tentang bersenang-senang dengan berbagai bentuk media. Salah satu cara untuk melakukannya melalui profil Instagram Anda adalah dengan menggunakan emoji di bio perusahaan Anda. Beberapa emoji dapat menggantikan kata-kata, memberi Anda beberapa karakter lagi untuk menulis bio yang menarik. Ini juga membantu untuk menunjukkan bahwa organisasi Anda mampu berhubungan dengan pengguna yang lebih muda, yang banyak terdapat di Instagram.

Mengembangkan profil Instagram yang sepenuhnya dioptimalkan yang mampu melibatkan pengguna Instagram akan membutuhkan rencana serangan yang terorganisir dan banyak kesabaran. Mampu mengukur kinerja dan bersedia melakukan perubahan sebagai reaksi terhadap angka-angka akan membuat Anda unggul dalam persaingan.

Advertisements

 

Sumber: https://www.entrepreneur.com/article/309671

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.