5 Browser Web Terbaik dan Terpopuler 2020

5 Browser Web Terbaik dan Terpopuler 2020

Berselancar di dunia maya adalah salah satu kegiatan yang sangat disukai masyarakat masa kini. Dari usia muda hingga tua, melihat berbagai hal dan mendapatkan info di internet menjadi aktivitas yang wajib dilakukan. Rasanya aneh ketika dalam waktu satu hari sama sekali tidak bermain internet.

Meskipun saat ini ada banyak sekali jenis aplikasi browser, baik untuk PC maupun Smartphone, tetap saja sebagian orang tidak punya gambaran jelas mengenai web browser terbaik yang bisa mereka miliki. Dan tak jarang pula pengguna PC dan Smartphone justru menggunakan aplikasi browser yang tidak sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini adalah daftar browser terbaik dan terpopuler.

 

1. Mozilla Firefox

Firefox selalu dikenal karena fleksibilitas dan dukungannya untuk ekstensi, tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini sudah mulai tertinggal dari pesaing dalam hal kecepatan. Firefox Quantum, yang pertama kali dirilis tahun lalu, mewakili perombakan total basis kode browser, dengan kecepatannya sekarang sebanding dengan Google Chrome. Firefox tidak hanya cepat pada komputer dengan spek gahar saja, melainkan juga baik bagi pengguna komputer dengan spek standar – Hal ini karena Firefox baru membuat penggunaan RAM yang efisien, bahkan dengan banyak tab terbuka.

Firefox memiliki cukup banyak fitur dan tampilannya sedikit lebih ‘ramai’ dibanding Google Chrome. Adapun beberapa fitur browser ini diantaranya; reading mode, pembaca PDF, add-ons, sinkronisasi, web notification, bookmarks, dan lainnya. Meskipun tidak secepat Google Chrome, Firefox menjadi pilihan utama bagi sebagian pengguna internet karena fiturnya yang keren. Untuk versi mobile-nya, pengguna Firefox dapat memblokir iklan secara otomatis dan mendapatkan perlindungan pelacakan pada peramban pribadi.

 

2. Google Chrome

Sebagian besar pengguna Komputer PC/ laptop dan Smartphone menggunakan Google Chrome karena dianggap sebagai browser tercepat. Selain cepat, browser ini juga memiliki fitur bandwidth saving yang dapat menghemat penggunaan paket data smartphone kamu.

Seperti Firefox, Chrome sekarang juga mendukung login bebas kata sandi melalui WebAuthn – baik untuk mengganti kata sandi lama sepenuhnya, atau berfungsi sebagai bentuk otentikasi dua faktor. Browser juga menawarkan lebih banyak fitur untuk pengembang aplikasi web, termasuk pengalaman yang lebih konsisten di berbagai headset VR, dan kemampuan untuk menggunakan input dari sensor (seperti sensor cahaya sekitar dan akselerometer perangkat Anda).

Chrome juga dikenal sebagai browser yang bisa lebih cepat ketika ingin membuka halaman website. Sama seperti browser lainnya, Chrome juga memiliki fitur menyimpan history, download, bookmark, incognito mode serta berbagai extension yang bisa menunjang pekerjaan kamu .

 

3. Microsoft Edge

Microsoft Edge merupakan browser yang dirilis oleh Microsoft untuk menggantikan Internet Explorer. Bagi pengguna PC/ Laptop dengan OS Windows, perangkat Anda harus terinstal Windows 10 agar dapat menggunakan browser ini.

Edge muncul dan terintegrasi dengan Windows 10 dan ini tampaknya menjadi titik kuat utama Edge. Itu berjalan dengan sangat baik pada aplikasi modern pada mode tablet Windows 10, dan bekerja dengan Cortana. Ini juga sangat efisien untuk web saat ini, menghilangkan protokol tidak aman seperti ActiveX dan memaksa Anda masuk ke Internet Explorer jika Anda ingin tetap mengaksesnya.

Browser ini juga sudah tersedia bagi pengguna Android dan iOS. Beberapa fitur keren browser ini diantaranya; dapat memblokir iklan, tab browser baru, akses ke bookmark, riwayat internet, unduhan, dan lainnya.

 

4. UC Browser

UC Browser cukup populer di kalangan pengguna Android dan iOS karena termasuk salah satu browser tercepat mobile dengan beragam fitur di dalamnya. Selain untuk perangkat mobile, browser ini juga tersedia untuk perangkat PC/ Laptop.

Meskipun tidak sepopuler Chrome dan Firefox, browser ini cukup banyak dipakai untuk perangkat PC/ Laptop. Beberapa fitur yang terdapat pada UC Browser diantaranya; fast download, cloud sync, data compresion, dan lainnya.

Sama seperti Opera, UC Browser juga memiliki popularitas tinggi bagi pengguna smartphone. Dengan pengiklanan yang massif agar banyak orang yang tahu tentang UC Browser, nama browser dari Tiongkok ini masuk sebagai salah satu top of mind di dalam smartphone. Menariknya, UC Browser juga memiliki program di PC yang bisa kamu gunakan dengan fitur-fitur unggulan seperti integrasi cloud service dan data compression.

 

5. Opera

Opera merupakan salah satu browser tercepat dan ringan bagi semua perangkat, baik itu PC/ Laptop maupun Smartphone. Browser Opera memiliki beberapa fitur yang cukup mumpuni sehingga banyak digunakan untuk berselancar di internet.

Browser ini memiliki desain tampilan yang sederhana dengan sidebar di bagian kiri untuk memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan Opera. Adapun beberapa fitur browser Opera adalah; fitur pilihan bahasa, fitur keamanan, fitur speed dial, fitur restore session, dan lainnya.

Advertisements

Selain itu, Opera juga memiliki Turbo Mode yang membuat kamu bisa lebih cepat dalam membuka halaman website ketika internet yang kamu gunakan sedang lambat dan membuat kamu terlalu lama dalam membuka halaman website.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.