Mengenal Sistem Operasi Jaringan

apa itu sistem operasi jaringan

Sistem operasi jaringan atau juga bisa disebut dengan sistem operasi server adalah sistem operasi yang didesain khusus untuk mengatasi keperluan jaringan atau server. Yang membedakan dengan sistem operasi kebanyakan adalah fitur dan proses kinerjanya. Sistem operasi jaringan biasanya juga dikhususkan untuk dijalankan pada perangkat-perangkat tertentu.

Beberapa contoh sistem operasi jaringan yang banyak dijumpai antara lain keluarga linux server seperti, CentOS, Debian, Ubuntu Server dan lainnya yang biasanya memiliki embel-embel nama server di belakangnya. Microsoft juga memiliki beberapa varian sistem operasi yang dikhususkan untuk server seperti keluarga Windows server.

Selain sistem operasi yang memiliki embel-embel nama server sistem operasi jaringan juga mencakup sistem operasi yang melekat atau digunakan para perangkat jaringan, seperti RouterOS di perangkat mikrotik atau sistem operasi yang terpasang di perangkat Cisco.

Sistem operasi jaringan sengaja didesain khusus karena dalam implementasinya akan digunakan untuk “melayani” banyak pengguna, request hingga menjalankan banyak service atau layanan. Kemampuan atau fitur-fitur tersebut juga yang harus menjadi perhatian khusus bagi administrator sebelum memilih sistem operasi jaringan.

Advertisements

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan

Karena berbeda dengan sistem operasi kebanyakan sistem operasi jaringan biasanya memiliki beberapa karakteristik dan ciri umum. Berikut beberapa karakteristik atau ciri sistem operasi jaringan :

  • Memiliki embel-embel “server’ di setiap codename-nya
  • Memiliki fitur khas server atau jaringan seperti, DHCP, File Server, DNS Server dan beberapa service lainnya
  • Memiliki fitur konfigurasi tingkat lanjut untuk software, hardware dan jaringan
  • Memiliki dual mode, GUI (tampilan grafik) dan CLI (tampilan command line)
  • Bisa memonitoring penggunaan resource dan lalu lintas jaringan
  • Direkomendasikan oleh produsen hardware server

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.