Jaringan : Jenis-Jenis Teknologi Jaringan Nirkabel

Jaringan : Jenis-Jenis Teknologi Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel adalah kumpulan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain melalui media nirkabel atau tanpa kabel. Jaringan nirkabel memiliki kekurangan dan kelebihan dalam penggunaanya salah satu kelebihanya yaitu lebih mudah dalam proses instalasi serta area kerjanya yang luas dan bebas dalam aktivitas. Nirkabel juga memiliki kekurangan yaitu banyak membutuhkan uang serta delaynya yang cukup besar dan tata keamaan jtidak terjaga.

  • Terdapat 4 jenis jaringan nirkabel yaitu :
  1. WPAN (Wireless Personal Area Network)

WPAN (Wireless Personal Area Network) adalah jaringan nirkabel yang cakupan wilayahnya pendek hanya beberapa puluh meter saja karena menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi.

WPAN memiliki fungsi menghubungkan perangkat peripheral dan membuat sebuah kesatuan dalam komunikasi yang berbasi nirkabel (tanpa kabel). WPAN memiliki beberapa jenis diantaranya :

  1. Bluetooth

Bluetooth adalah sebuah teknologi yang menghubungkan 2 perangkat agar terhubung tanpa menggunakan kabel. Bluetooth memiliki kelebihan yaitu dapat mengirimkan data dengan cepat dan bisa menembus tembok.

2. Inframerah

Inframerah menggunakan cahaya yang memiliki frekuensi rendah yang tidak bisa di lihat oleh manusia. Inframerah bisanya di gunakan di sistem remote control di televisi. Iframerah memiliki kekurangan yang hanya bisa dilakukan searah saja.

2. Nirkabel WLAN (Wireless Local Area Network)

WLAN memiliki jangkauan yang lebih luas di bandingkan oleh WPAN. WLAN memiliki standart komunikasi yang diatur oleh sebuah lembaga yaitu Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11.

3. Nirkabel WWAN (Wide Area Network)

WWAN adalah jaringan yang memiliki jangkauan area yang lebih luas di bandingkan WLAN. Contohnya sistem seluler seperti CDMA, GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, 4G/LTE.

  • Bentuk Komunikasi WAN di bagi menjadi 3 yaitu :
  1. Point to point

Point to point disebut jaringan leased line, jaringan ini secara privat berhubungan satu sama lain. seperti sistem telepon.

2. Sirkuit to Switching

Metode switching dengan keberadaan sirkuit secara fisik yang terdedikasi yang digunakan oleh Integraded Service Digital Network atau ISDN.

3. Paket Switching

Advertisements

Metode switching pada peralatan jaringan yang melakukan share link point to point untuk transportasi paket dari sumber data ke tujuan melintasi jaringan contohnya Asycnchronous Transfer Mode (ATM), Frame Relay, Switched Multimegabit Data Service (SMDS), dan X.25.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.