Konfigurasi CAPsMAN di Mikrotik

Konfigurasi CAPsMAN di Mikrotik

CAPsMAN (Controller Access Point system Manager) merupakan sebuah fitur wireless controller yang memudahkan kita untuk mengatur semua perangkat wireless akses point yang ada dijaringan kita secara terpusat.

Dalam penggunaan CAPsMAN ini, nanti perangkat-perangkat yang akan kita gunakan memiliki 2 istilah

– CAP (Controlled Access Point), yaitu perangkat wireless akses point yang akan kita konfigurasi terpusat

– System Manager (CAPsMAN), yaitu perangkat yang digunakan untuk mengatur CAP. Konfigurasi, authentikasi dan sebagainya bisa diatur dari perangkat ini.

 

Topologi Konfigurasi Capsman

Langkah-Langkah

1. Pertama Buka Mikrotik A menggunakan winbox, setelah itu tambah ip address interface ether2 menjadi 192.168.1.1/24 (Mikrotik A)

2. Kedua buka tab CAPsMAN > Manager dan centang pada bagian Enabled untuk mengaktifkan CAPsMAN (Mikrotik A)

3. Ketiga masuk ke menu Wireless > CAP, lalu centang pada bagian Enabled. Ubah interface menjadi wlan1, karena interface yang akan di remote di CAPsMAN merupakan interface wlan1. Jangan lupa masukkan CAPsMAN Addresses yaitu 192.168.1.1 (Ip Address Mikrotik A)

4. Lalu buka lagi menu CAPsMAN, disitu akan muncul interface baru bernama cap1. Rename cap1 menjadi A agar interface menjadi mudah untuk dikenali (Mikrotik A)

5. Setelah semua proses di atas selesai kita masuk ke Mikrotik B, pertama tambah Ip Address untuk ether2 yaitu 192.168.1.2/24 (Mikrotik B)

6. Kemudian masuk ke menu Wireless > CAP, centang pada bagian enabled. Ubah interface menjadi wlan1 dan CAPsMAN Addresses menjadi 192.168.1.1 yaitu Ip address Mikrotik A (Mikrotik B)

7. Lalu masuk ke Mikrotik A > CAPsMAN, lalu rename cap2 menjadi B

8. Selanjutnya kita akan membuat interface B menjadi Access Point dengan cara masuk ke tab Configuration, lalu tambahkan Configuration baru dengan nama cfg1. Ubah mode menjadi ap dengan SSID (nama wifi) CAPsMAN.

9. Lalu masuk ke tab security, centang pada Authentication Type yaitu WPA PSK dan WPA2 PSK. Jangan lupa isi juga Passphrase (password wifi) dengan pass download

10. Lalu masuk ke tab CAP Interface, klik pada interface B. Masuk menu wireless ubah Configuration menjadi cfg1 dan apply

11. Saat ini interface B sudah berubah menjadi Access Point dengan nama CAPsMAN dengan security WPA dengan password wifi download. Untuk langkah selanjutnya kita tambah Ip Address pada interface B yaitu 99.99.99.1/24

12. Lalu tambah juga DHCP Server pada interface B dengan cara masuk ke IP > DHCP Server. Lalu klik pada DHCP Setup, lalu pilih interface B klik next hingga muncul tulisan Setup has completed successfully

13. Lalu konekkan Laptop dengan Access Point yang sudah kamu buat

Advertisements

14. Lalu cek koneksi Access Point. Jika sudah benar seharusnya akan mendapatkan ip dhcp secara otomatis

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.