Paket Data Dalam Jaringan

Paket Data Dalam Jaringan

Paket data dalam jaringan ini terdiri dari bit, frame, segemen dll. Proses pengiriman data ini tidak dapat dilihat secara langsung dan hanya bisa divisualisasikan. OSI 7 Layer adalah standarisasi yang digunakan dalam agar dua device dapat berkomunikasi baik menerima maupun mengirim data.
Dengan adanya standarisasi seperti OSI 7 Layer ini, data dikirim melalui 7 layer-layer tersebut sebelum diterima oleh host penerima. Proses pengiriman data dalam jaringan memiliki tahap-tahap tertentu. Begitu pula dengan menerima. Proses itu disebut enkapsulas data dan dekapsulasi data.
Kapan enkapsulasi data dan dekapsulasi data terjadi? Enkapsulasi data terjadi pada pihak yang mengirim yaitu saat data dibungkus untuk dikirimkan, sedangkan dekapsulasi data terjadi pada pihak penerima yaitu saat data yang sebelumnya dibungkus, dibongkar dan disatukan kembali agar data bisa diterima secara utuh oleh penerima.

Berikut adalah proses data saat diterima oleh penerima. Dimulai dari layer 7 physical sampai layer 1 aplikasi:
– Bit data diterima oleh host penerima, tentu saja dari layer physical melalui NIC, kemudian NIC memprosesnya.
– Selanjutnya diterima oleh layer data link. Bit data kemudian diubah menjadi frame. Sebelum diterima sepenuhnya, layer akan mengecek apakah MAC address sama dengan milik penerima atau tidak. Jika beda maka frame akan dibuang.
– Setelah sampai di layer session, frame ini selanjutnya akan dibongkar. Hasil pembongkaran frame ini adalah paket data.
– Paket data diubah menjadi segmen di layer network
– Penyatuan segmen-segmen terjadi di layer transport. Segmen-segmen akan dicek protokolnya dan akan diproses sesuai jenis protokolnya. Lalu, segmen-segmen ini akan disatukan kembali sesuai dengan nomor urutnya.
– Pada layer persentation, data akan dicek dan kemudian diterjemahkan agar dapat dipaami oleh user yang berinteraksi
– Setelah berhasil diterjemahkan, data diangkut ke layer aplication dan user dapat melihat data-data tersebut.

Advertisements

Dari proses di atas, dapat diketahui dalam jaringan terdapat :
1. Bit
Bit atau Binary Digit adalah satuan unit terkecil dalam komputasi digital. Bit dapat bernilai 0 atau 1. Bit memiliki hubungan dengan layer Physical di OSI 7 Layer. Layer ini berfungsi mendefinisikan transmisi jaringan dan sinkronisasi bit.
2. Frame
Frame dalam osi layer terdapat pada layer data link, frame merupakan elemen kunci dari masing-masing protokol yang terdapat di layer data link.
3. Packet
Packet adalah satuan informasi dasar yang dapat ditransmisikan di jaringan melalui komunikasi digital. Packet berkaitan dengan layer network pada osi layer, layer network ini berfungsi mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket dan melakukan routing menggunakan router dan switch layer 3.
4. Segment
Segment berkaitan dengan layer transport di OSI layer yang berfungsi untuk proses pengiriman. Layer transport dalam OSI layer berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima oleh penerima.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.