Pengertian dan Jenis Gerbang Logika

Pengertian dan Jenis Gerbang Logika

Pengertian Gerbang Logika
Gerbang Logika adalah dasar pembentuk Sistem Elektronika Digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa Input (masukan) menjadi sebuah sinyal Output (Keluaran) Logis. Gerbang logika ini memiliki input berupa bilangan biner yaitu 0 dan 1.

 

Macam-Macam Gerbang Logika

1. AND GATE
Karakteristik gerbang ini, jika kedua inputnya tidak berlogika 1 maka outputnya adalah 0. Dan jika kedua inputnya berlogika 1 maka outputnya adalah 1.

 

2. OR GATE
Karakteristik gerbang ini, jika salah satu inputnya berlogika 1 maka outputnya adalah 1. Dan jika kedua inputnya berlogika 0 maka output berlogika 0.

 

3. NOT GATE
Karakteristik gerbang logika ini, jika inputnya berlogika 0 maka outputnya adalah kebalikannya yaitu 1. Bila input berlogika 1 maka output adalah kebalikannya yaitu 0.

 

4. NAND GATE / NOT AND GATE
Gerbang logika ini adalah Kebalikan (NOT) dari output gerbang AND. Karakteristik gerbang ini, jika salah satu input berlogika 0 maka outputnya akan berlogika 1. Jika kedua inputnya berlogika 1 maka outputnya berlogika 0.

 

5. NOR GATE / NOT OR GATE
Gerbang logika ini adalah kebalikan (NOT) dari output gerbang OR. Karakteristik gerbang logika ini, jika salah satu inputnya berlogika 1 maka outputnya akan berlogika 0. Dan jika kedua inputnya berlogika 0 maka outputnya berlogika 1.

 

6. XOR GATE / Exclusive OR GATE
Karakteristik gerbang logika ini, jika inputnya ganjil maka akan menghasilkan output berlogika 1. Contohnya 0(A)+1(B)=1(X) (ganjil) maka outputnya 1, 1(A)+1(B)=2(X) (genap) maka outputnya 0 (karena tidak ganjil).

 

7. XNOR GATE / Exclusive NOT OR GATE
Gerbang logika ini merupakan kebalikan (NOT) dari output XOR. Karakteristik gerbang logika ini, jika salah satu inputnya ganjil maka outputnya berlogika 0.

Advertisements

Semoga Bermanfaat

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.