4 Software / Aplikasi Virtualisasi Terbaik

4 Software / Aplikasi Virtualisasi Terbaik

Aplikasi Virtualisasi atau Aplikasi Virtual Machine adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat sistem operasi secara virtual dengan komponen virtual di dalamnya. Untuk pengertian virtualisasi bisa dibaca pada Pengertian, Cara Kerja dan Keuntungan dari Virtualisasi. Aplikasi Virtualisasi di bawah ini termasuk ke aplikasi yang terbaik dan terpopuler.

1. VirtualBox (Windows / Linux / Mac)

VirtualBox adalah aplikasi virtualisasi yang tangguh untuk perusahaan dan juga digunakan di PC. Tidak hanya VirtualBox yang sangat kaya fitur, produk berperforma tinggi untuk user, VirtualBox juga merupakan aplikasi open source di bawah persyaratan GNU General Public License (GPL) versi 2. Virtual machine dari virtual box bisa diduplikat secara banyak yang membuatnya menjadi sangat efektif dan efisien. VirtualBox mendukung berbagai macam sistem operasi, sehingga memungkinkan untuk menginstal OS apapun yang diinginkan.

 

2. VMWare Workstation (Windows / Linux)

VMware Workstation adalah sebuah Aplikasi mesin virtualisasi untuk arsitektur komputer x64 dan x86-64 dari VMware. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk membuat banyak komputer virtual dan digunakan secara simultan dengan sistem operasi yang digunakan. Setiap mesin virtual tersebut bisa menjalankan sistem operasi yang dipilih, seperti nintendo, sega, ps4 dan lain sebagainya. Dalam arti yang sederhana, bsod workstation bisa menjalankan banyak sistem operasi secara simulatan dengan menggunakan satu fisik mesin.

 

3. Qemu (Linux)

QEMU merupakan singkatan dari Quick Emulator yaitu emulator tidak berbayar dan open-source yang melakukan virtualisasi sistem operasi. QEMU adalah mesin virtual monitor yang dihosting, mengemulasi prosesor mesin melalui terjemahan biner dinamis dan menyediakan satu set perangkat keras dan model perangkat yang berbeda untuk mesin, dapat menjalankan berbagai sistem operasi tamu. Hal ini juga dapat digunakan dengan KVM untuk menjalankan mesin virtual dengan kecepatan mendekati aslinya (dengan mengambil keuntungan dari ekstensi perangkat keras seperti IntelVT. QEMU juga dapat melakukan emulasi untuk proses tingkat pengguna, memungkinkan aplikasi dikompilasi untuk satu arsitektur untuk dijalankan pada yang lain.

 

4. Windows Virtual PC (Windows)

Advertisements

Microsoft Virtual PC adalah sebuah program virtualisasi yang dijalankan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows. Virtual PC dapat melakukan emulasi terhadap sebuah PC standar dan semua perangkat yang dibutuhkannya agar dapat berjalan (keyboard, mouse, CPU, memori, kartu grafik, disket, hard disk, CD-ROM). Sehingga, aplikasi ini dapat digunakan untuk menjalankan hampir semua sistem operasi yang dapat dijalankan di atas komputer PC. Tetapi, mungkin akan terjadi masalah ketika pengguna hendak melakukan instalasi sistem operasi yang tidak umum digunakan, yang belum diujicoba oleh Microsoft pada saat pengembangannya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.